Kesehatan

8 Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Anak Dengan Alami

cara mengatasi sakit perut pada anak
cara mengatasi sakit perut pada anak

Pada usia perkembangan anak sangat rentan dengan adanya berbagai penyakit yang mudah menyerang, salah satu yang sering dialami anak yaitu sakit perut. Usia anak antara 4 sampai 8 tahun menjadi usia yang paling rentan terkena sakit perut, sehingga bagi orang tua sangat penting mengetahui apa saja cara mengatasi sakit perut pada anak

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang mengalami sakit perut, tentunya dengan penanganan yang tepat. Bagaimana gejala yang ditimbulkan maka akan berbeda pula cara mengatasi sakit perut pada anak. Dan sebagai cara yang alami untuk mengatasi anak yang sakit perut berikut ini kami berikan delapan cara tepat mengatasinya.

cara mengatasi sakit perut pada anak
cara mengatasi sakit perut pada anak
  1. Obati mulai dari gejalanya. Gejala dari sakit perut atau melihat dari penyebabnya bisa menjadi cara awal untuk mengobatinya. Misalnya dengan menghindari makanan pedas, berminyak, atau minuman berkafein pada anak. Selain itu memberikan anak cairan untuk diminum seperti air mineral dan jus buah yang diencerkan juga bisa menjadi solusi. Cara terakhirnya tanyakan terlebih dahulu kepada dokter sebelum memberikan obat agar tidak memperburuk rasa sakit.
  2. Cukupkan istirahat anak. Setelah anak sebaiknya dihindari berbagai aktivitas yang bisa membuat perutnya sakit. Kemudian biarkan anak beristirahat yang cukup supaya sakit perut anak berangsur-angsur membaik.
  3. Berikan pijatan pada kaki. Pijatan pada kaki dengan teknik refleksologi bisa dilakukan untuk mengatasi perut sakit. Caranya pegang kaki kiri anak dengan telapak tangan, kemudian tangan kiri dibawah telapak kaki. Selanjutnya beri tekanan yang stabil dan merata menggunakan ibu jari. Pijatan yang tepat bisa menyebabkan seluruh tubuh anak menjadi lebih rileks dan tentunya merasa lebih tenang.
  4. Minum teh chamomile. Minum teh chamomile bisa menjadi pilihan selanjutnya untuk mengatasi sakit perut anak, ini karena kandungannya yang memiliki sifat anti-inflamasi dan obat penenang. Cara ini bisa memberikan rasa yang nyaman pada perut anak dan melemaskan otot. Selain itu pemberian teh ini juga berfungsi dalam melancarkan saluran pencernaan, kejang, kram perut, dan juga meredakan kontraksi.
  5. Konsumsi air jahe. Mengkonsumsi air jahe bermanfaat untuk kesehatan termasuk masalah penyakit perut. Kandungan gingerol dan antioksidannya bisa membantu menurunkan radikal bebas dan kerusakan tubuh. Untuk anak jaeh juga bisa mengurangi ketidaknyamanan pada pencernaan serta menetralkan asam lambung sehingga rasa mual bisa berkurang.
  6. Konsumsi yogurt. Konsumsi yogurt busa menyediakan bakteri baik untuk membantu pencernaan kembali normal, selain itu yogurt juga sangat efektif dalam mengatasi kram perut sehingga sangat baik untuk mengatasi diare. Konsumsi sesuai dengan kebutuhan sehingga bisa memberikan manfaat yang baik untuk perut yang sehat kembali.
  7. Kompres dengan air panas. Mengompres air hangat juga bisa menjadi cara alami untuk menyembuhkan sakit perut. Adanya panas bisa meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit sehingga rasa nyeri yang datang dari dalam perut bisa berkurang. Siapkan saja kain atau botol berisi air hangat pada perut anak sambil berbaring atau duduk.
  8. Dengan peppermint. Peppermint sangat baik untuk mengatasi sakit perut karena memiliki efek untuk menenangkan otot pada perut. Selain itu konsumsi yang rutin juga memiliki manfaat untuk pencernaan karena kemampuannya dalam meningkatkan aliran empedu di tubuh. Manfaat terbaik dari peppermint hampir sama dengan teh sehingga bisa menjadi cara alami dalam mengatasi masalah sakit perut pada anak. 

Untuk lebih detail informasi tentang kesehatan anak Anda bisa langsung mengaksesnya di https://nutriciaprofessional.id/