Bisnis

Ini Dia 6 Sifat Perhiasan Berlian Wajib Diketahui

perhiasan berlian
perhiasan berlian

Berlian memang menjadi topik yang tidak pernah bosan untuk diulas dan diperbincangkan. Bagaimana tidak, perhiasan berlian tak hanya terlihat indah menawan namun juga memiliki banyak sifat yang unik. Berlian tidak hanya menjadi perhiasan incaran para wanita namun juga para laki-laki. Menggunakan berlian dipercaya dapat menaikkan rasa percaya diri sehingga Anda pun akan terlihat paripurna. Namun, yang terpenting adalah pastikan berlian yang Anda miliki tersebut asli.

Sifat Unik Berlian Asli

Sebelum membeli perhiasan berlian terbaru sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu apa saja sifat unik yang dimiliki berlian asli. Untuk membantu Anda mendapatkan informasi tersebut silahkan simak ulasan dibawah ini.

Menyerap Panas

Sifat ini pertama dari berlian asli yaitu menyerap panas. Untuk membuktikannya Anda bisa menggunakan uap air yang dihembuskan dari mulut. Cara ini seringkali digunakan untuk tes keaslian suatu berlian, lho. 

Untuk membuktikannya, Anda bisa mengambil berlian lalu hembuskan uap air dari mulut Anda. Jika permukaan berlian tersebut cepat mengering maka itu tandanya berlian asli. uap air pada berlian imitasi tidak akan mudah hilang karena tidak menyerap panas seperti berlian asli.

perhiasan berlian
perhiasan berlian

Keras

Keunikan berlian yang tidak dimiliki batu mulia lainnya yaitu sangat keras sehingga tidak mudah hancur. Tidak heran ‘kan jika ada yang menggunakan berlian sebagai perhiasan turun temurun karena memang awet. 

Sifat keras berlian ini diperoleh dari proses pembentukannya yang sangat lama. Seperti yang kita semua tahu, berlian terdapat pada lapisan bumi yang sangat dalam dan terus mendapatkan tekanan dan panas dari perut bumi. Sifat berlian yang keras ini tidak bisa ditiru oleh pembuat berlian imitasi.

Merefleksikan Cahaya

Sifat unik selanjutnya yang dimiliki berlian yaitu mampu merefleksikan cahaya dengan baik. Sifat inilah yang menambah keindahan serta nilai jual berlian itu sendiri. Semakin nyaris mendekati sempurna dalam memantulkan cahaya maka akan semakin mahal pula harga berlian tersebut. Model potongan tentu juga dapat membantu berlian terlihat lebih berkilau karena dapat merefleksikan cahaya dari sisi manapun.

Memilih Warna Khas

Berlian tidak hanya berwarna putih lho karena ada beberapa warna lainnya. Anda mungkin pernah mendengar kuning, coklat, ungu atau bahkan hitam. Warna tersebut dipengaruhi oleh tempat terbentuknya berlian. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh zat atau gas yang membentuknya. Itulah sebabnya setiap warna berlian memiliki keunikan masing-masing. Berlian putih merupakan jenis warna berlian yang paling banyak ditemukan dan digunakan sebagai perhiasan jika dibandingkan dengan warna-warna lainnya.

Memiliki Inklusi

Berlian asli memiliki inklusi atau cacat yang terbentuk dari proses pembentukan berlian itu sendiri. Inklusi juga ditemukan pada berlian berkualitas sekalipun. Hal ini sekaligus menjadi pembeda berlian asli dengan yang imitasi. Anda tidak akan pernah menemukan berlian asli dengan permukaan mulus tanpa cacat.

Tenggelam Dalam Air

Keunikan yang terakhir yaitu berlian tenggelam bisa dimasukkan ke dalam air. Kondisi seperti ini disebabkan oleh sifat berlian yang berat serta memiliki struktur yang padat. Untuk membuktikannya Anda hanya bisa menggunakan berlian yang masih belum dipasang di perhiasan.

Mondial Jeweler

Untuk menambah koleksi perhiasan berlian terbaru Anda bisa mengunjungi website resmi Mondial Jeweler. Pecinta perhiasan berlian akan dimanjakan dengan beragam desain unik dan juga elegan.

Anda bisa menggunakan cincin berlian diatas untuk mempermanis jari Anda. Emas putih dan berlian merupakan kombinasi terbaik karena membuat berlian terlihat lebih berkilau dan memancar maksimal.