Kesehatan

Ciri Perkembangan Anak 1-3 Tahun

ciri perkembangan anak
ciri perkembangan anak

Akan ada banyak sekali perkembangan anak yang terjadi pada usia 1 hingga 3 tahun. Nah, berikut ini kami akan mencoba menjelaskan kepada Anda apa saja ciri perkembangan anak dari usia 1 hingga 3 tahun. Tujuannya agar Anda tahu sejauh mana perkembangan mereka di usia tersebut.

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, ada beberapa ciri perkembangan si kecil yang terjadi pada usia tersebut. Nah, berikut ini kami akan coba jelaskan ciri-cirinya kepada Anda.

1.      Mengangkat Badan Sendiri dan Berdiri

Di usia 1 tahun, anak-anak sudah bisa belajar berdiri dengan mengangkat tubuhnya sendiri. meski begitu, anak-anak masih belum bisa berdiri sendiri dengan kedua kakinya. Dia baru bisa berdiri dengan cara berpegangan pada benda-benda yang ada di sekitarnya, contohnya seperti meja.

2.      Mampu Menumpuk Balok

Anak-anak di rentang usia 1 hingga 3 tahun sudah bisa menumpuk sebuah balok. Semakin besar usianya, maka semakin lihai mereka saat menumpuknya. Terlebih jika Anda mengoptimalkannya dengan stimulasi mainan balok susun untuk menstimulasi si kecil.


ciri perkembangan anak

3.      Gigi Tumbuh Lebih Cepat

Gigi tumbuh pada anak-anak yang berusia 3 hingga 12 bulan. Namun ada juga yang berada pada usia 6 hingga 12 bulan. Intinya, di bawah satu tahun, gigi sudah mulai tumbuh secara bertahap dan semakin cepat seiring dengan pertumbuhan usia si kecil.

4.      Mampu Menggunakan Tangan Untuk Mewarnai

Usia 2 hingga 3 tahun sudah cukup ideal untuk Anda ajak si kecil berkreasi. Salah satunya yaitu belajar mewarnai. Di usia tersebut, anak-anak sudah bisa menggunakan tangannya untuk mewarnai dengan menggunakan crayon.

5.      Memegang Sendok dan Cangkir

Di awal usia 2 tahun, Anda sudah bisa mengajarkan anak-anak untuk memegang sendok dan cangkir. Seiring dengan pertumbuhan usianya, Anda bisa memberikan instruksi untuk menggunakannya agar mereka bisa belajar untuk menggunakannya. Pilihlah jenis cangkir dan sendok khusus anak-anak.

Itulah beberapa ciri perkembangan anak yang terjadi pada usia 1 hingga 3 tahun. Anda bisa menjadikan informasi tersebut untuk menambah wawasan terkait dunia parenting. Jangan lupa juga untuk mendukung tumbuh kembang anak dengan memberi mereka susu Dancow setiap hari.