Kesehatan

Perawatan yang Perlu Dilakukan untuk Anjing Tua

Anjing tua
Anjing tua

Anjing peliharaan juga dapat menua secara bertahap seiring bertambahnya usia. Anjing peliharaan dikatakan sudah tua ketika anjing telah memasuki usia 7 tahun. Namun, kondisi tersebut biasanya ditentukan oleh jenis ras anjing peliharaan anda. Pada umumnya anjing peliharaan ras besar lebih cepat menua dibandingkan dengan anjing ras kecil. Anjing tua biasanya akan mengalami penurunan produktivitas.

Meski usia anjing terus bertambah, tetapi anjing peliharaan masih dapat memiliki kualitas hidup yang baik. Hal tersebut bisa dilakukan dengan perawatan yang tepat. Dengan melakukan perawatan yang tepat, dapat membuat anjing peliharaan terhindar dari berbagai risiko gangguan kesehatan. Beberapa perawatan yang dapat dilakukan pada anjing peliharaan yang sudah berumur, seperti:

  • Mengajak anjing peliharaan untuk melakukan aktivitas fisik

Melakukan aktivitas fisik menjadi salah satu perawatan yang tepat untuk anjing tua. Kebiasaan melakukan aktivitas fisik dapat membantu anjing peliharaan untuk mengontrol berat badan idealnya. Sehingga, kesehatan anjing peliharaan bisa terjaga dengan baik secara menyeluruh. Pertambahan usia anjing peliharaan tentu akan membuat anjing mengalami penurunan energi. Oleh sebab itu, anda bisa mengajak anjing peliharaan melakukan aktivitas fisik ringan yang menyenangkan seperti bermain bola atau berlari di sekitaran rumah.

Anjing tua
Anjing tua
  • Membuat lingkungan anjing menjadi lebih nyaman

Ketika anjing peliharaan sudah memasuki usia tua, sebaiknya anda memastikan anjing berada dalam lingkungan yang nyaman. Pada umumnya, anjing yang berusia tua lebih sering mengalami gangguan kesehatan di sekitar area sendi dan otot. Anda bisa memastikan tempat istirahat anjing peliharaan memiliki bantalan yang empuk dan lebih nyaman. Selain itu, letakkanlah tempat makan dan minum pada area yang lebih mudah ditemukan oleh anjing peliharaan.

  • Perhatikan pola makan dan nutrisi anjing

Pertambahan usia anjing peliharaan membuat kebutuhan nutrisi dan gizinya mengalami perubahan. Anjing tua membutuhkan asupan protein yang tinggi dan mudah untuk dicerna. Selain itu, anjing peliharaan yang telah memasuki usia tua juga membutuhkan kalori lebih sedikit. Ini karena aktivitas fisiknya sudah mulai berkurang. Maka dari itu berilah makanan yang bernutrisi untuk anjing yang sudah tua seperti  makanan dari Royal Canin, yang sudah pasti akan kandungan nutrisi dan vitaminnya. 

  • Lakukan pemeriksaan kesehatan anjing secara rutin

Melakukan pemeriksaan kesehatan anjing secara rutin menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Terlebih lagi saat usia anjing peliharaan anda sudah menua, tentunya imun tubuhnya juga akan menurun. Sehingga anjing lebih rentan mengalami gangguan kesehatan. Pastikan untuk selalu melakukan perawatan tepat untuk menjaga kondisi kesehatan anjing peliharaan. Mulai dari mulut, kulit, bulu, serta kuku anjing peliharaan anda.

  • Berikan waktu untuk anjing kesayangan

Hal yang tidak kalah penting yaitu memastikan anda memberikan waktu, perhatian, dan kasih sayang untuk anjing peliharaan yang sudah menua. Anjing yang berusia tua lebih rentan mengalami gangguan kecemasan ketika berada jauh dari pemiliknya. Untuk itu, habiskan lebih banyak waktu dengan anjing peliharaan anda.