Kesehatan

Zat Berbahaya Untuk Perkembangan Janin

perkembangan janin
perkembangan janin

Ibu yang sedang hamil harus berhati-hati terhadap kemungkinan efek dari paparan zat berbahaya. Sering tidak disadari terdapat paparan zat berbahaya yang ada disekitarnya. Efeknya akan dapat terjadi dan berpengaruh pada perkembangan janin. Oleh karena itu ibu hamil wajib berhati-hati terhadap paparan zat  yang berbahaya untuk janin.

Paparan zat berbahaya tersebut dapat mengganggu perkembangan dan pertumbuhan janin. Kemungkinan cacat lahir, kelahiran prematur dan bayi lahir berat badan rendah dapat terjadi. Ibu hamil harus mewaspadai zat berbahaya apa saja yang dapat menimbulkan masalah pada janin. 

perkembangan janin
perkembangan janin

Zat toksin dapat diperoleh melalui obat-obatan hingga produk yang dipakai sehari-hari. Saat sedang di masa kehamilan jika ternyata ada produk yang mengandung zat berbahaya dan berpengaruh pada janin sebaiknya dihentikan dulu. Berikut ini zat berbahaya yang dapat berpengaruh pada perkembangan janin. 

1. Merkuri dan Hydroquinone.

Kedua zat tersebut biasanya terdapat di dalam produk perawatan wajah untuk membuat kulit wajah putih. Saat ini kedua jenis zat tersebut sudah dilarang karena dapat menimbulkan kanker. Kedua zat tersebut juga dapat menimbulkan masalah pada neurologi janin. 

2. Paraben.

Zat ini sering ditemui di berbagai produk perawatan sehari-hari. Paraben dapat menimbulkan masalah pada pertumbuhan janin.

3. Triclosan.

Triclosan banyak ditemui pada produk pasta gigi dan sabun mandi. Tetapi ternyata zat dalam kadar tinggi ini dapat berpengaruh pada perkembangan dan pertumbuhan janin. 

4. Fluoride.

Saat ini fluoride banyak ditemui pada produk pasta gigi sebagai pemutih gigi. Pada kadar yang tinggi dapat bersifat neurotoksik dan menyebabkan bayi lahir dengan IQ rendah.

5. Phthalates.

Zat ini banyak ditemui sebagai kandungan di dalam parfum dan pengharum ruangan. Paparan zat ini dapat menimbulkan masalah pada perkembangan saraf janin. 

6. Benzone.

Ibu hamil yang memakai krim wajah dengan tabir surya harus memastikan tidak terdapat kandungan benzone. Paparan benzone dapat menimbulkan kecacatan pada bayi.

Terdapat banyak zat berbahaya yang dapat terpapar oleh janin sejak di dalam kandungan. Ibu hamil harus berhati-hati terhadap paparan zat berbahaya tersebut agar tidak mengganggu perkembangan janin agar bayi lahir sehat dan sempurna.