Bisnis

Seluk Beluk Kuliah Jurusan Kedokteran yang Harus Anda Ketahui

kuliah jurusan kedokteran
kuliah jurusan kedokteran

Jurusan Kedokteran adalah jurusan terfavorit hampir di semua perguruan tinggi negeri di Indonesia. Banyak calon mahasiswa yang berlomba-lomba masuk ke jurusan satu ini dan meraih gelar sebagai mahasiswa kedokteran. Salah satu motivasi kuliah Jurusan Kedokteran adalah karir yang cemerlang dan menjanjikan. Namun sebelum masuk ke Jurusan Kedokteran, apakah Anda sudah mengetahui seluk beluk jurusan ini dengan benar? Berikut ini ada beberapa informasinya agar Anda tidak salah paham:

Mengenal Ilmu Kedokteran

Menurut Merriam-Webster, ilmu kedokteran adalah ilmu yang mempelajari mengenai pemeliharaan kesehatan, mulai dari pencegahan, pengobatan, serta penatalaksanaan penyakit. 

Melalui keyword “kesehatan” dan “penyakit”, ilmu kedokteran juga bisa didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari cara kerja tubuh manusia, kesetimbangan, faktor yang mengganggu fungsi dan kesetimbangan, serta cara mengembalikan serta mempertahankannya.

Hal tersebut tentu saja berbeda dengan ilmu biologi yang cenderung mempelajari semua mengenai makhluk hidup. Bukan hanya manusia saja, namu juga flora dan fauna. Jadi jika Anda suka biologi tapi lebih suka melakukan pengamatan pada flora dan fauna, kedokteran bukan jurusan yang tepat untuk dijadikan pilihan.

kuliah jurusan kedokteran
kuliah jurusan kedokteran

Mata Kuliah di Jurusan Kedokteran

Mata kuliah di Jurusan Kedokteran sebenarnya tergantung dari masing-masing kampus. Pasalnya setiap kampus memiliki kurikulum masing-masing. Namun sebagai gambaran, berikut ini beberapa contoh mata kuliah yang akan dipelajari selama kuliah:

  • Blok endokrin
  • Blok imunologi
  • Blok hematologi
  • Blok pediatri
  • Blok respirasi
  • Blok reproduksi
  • Blok metabolisme, obat, dan nutrisi
  • dan masih banyak yang lainnya

Tahapan Pendidikan Jurusan Kedokteran

Apakah setelah lulus kuliah S1 sudah bisa menjadi dokter? Tentu saja tidak. Tahapan untuk menjadi dokter apalagi spesialis masih sangat panjang. Berikut ini adalah tahapan pendidikan Jurusan Kedokteran:

  • Kuliah Sarjana (S1)

Langkah awal untuk menjadi dokter dimulai dengan menempuh pendidikan Sarjana (S1). Program pendidikan sarjana untuk Jurusan Kedokteran sama dengan jurusan lainnya yaitu 8 semester atau 4 tahun. Lulusan Sarjana Kedokteran bergelar (S.Ked).

  • Program Profesi Dokter

Setelah menyelesaikan pendidikan program sarjana, selanjutnya Anda harus mengambil Program Profesi Dokter. Nantinya Anda akan menjadi dokter muda atau yang lebih sering disebut Koas yang bekerja di rumah sakit.

  • Ujian Sertifikasi

Tahapan selanjutnya yang harus dilalui adalah mengikuti Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD). Untuk bisa menjadi dokter umum, Anda harus lulus ujian sertifikasi.

  • Lulus Dokter

Apabila sudah menjadi Koas dan lulus ujian sertifikasi, maka Anda sudah mendapatkan gelar dokter. Anda nantinya akan mengikrarkan Sumpah Dokter. Meskipun sudah bergelar dokter, namun belum bisa praktik mandiri karena harus memiliki STR (Surat Tanda Registrasi) dan SIP (Surat Izin Praktik). 

  • Internship

Internship dilakukan selama kurang lebih 1 tahun untuk mendapatkan STR paten. Anda sudah akan bekerja layaknya dokter umum, bukan dokter muda seperti sebelumnya.

  • Praktik Mandiri

Setelah internship, daftar untuk mendapatkan STR paten. Jika sudah mendapatkannya, Anda bisa melakukan praktik mandiri dan menyandang gelar dokter sepenuhnya.

  • Jenjang Karir Lanjutan

Praktik mandiri membuat Anda menjadi dokter umum. Namun ada juga yang ingin jenjang karir lanjutan dengan menjadi spesialis. 

Rekomendasi Kampus dengan Jurusan Kedokteran Terbaik

Universitas Indonesia merupakan kampus yang menawarkan Jurusan Kedokteran terbaik. Bukan rahasia lagi jika Jurusan Kedokteran di kampus ini diburu oleh calon mahasiswa di SNMPTN maupun SBMPTN. Selain program pendidikan sarjana, kampus ini juga menawarkan program pendidikan spesialis yang cukup lengkap. 

Jalur masuk untuk jenjang Sarjana (S1) ada tiga yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK. Sedangkan Anda yang ingin mengambil pendidikan lanjutan atau pendidikan profesi bisa melalui jalur masuk SIMAK. Nanti akan ada informasi pembukaan pendaftaran mahasiswa baru di laman resmi fakultas yaitu www.fk.ui.ac.id. Universitas Indonesia menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang ingin kuliah Jurusan Kedokteran.