Kesehatan

Wajib Kamu Ketahui, Penyakit Kulit pada Kucing yang Seringkali Terjadi

penyakit kulit pada kucing
penyakit kulit pada kucing

Wajib Ketahui, Penyakit Kulit pada Kucing yang Seringkali Terjadi

Kucing peliharaan yang Anda sayangi bisa menjadi begitu rentan terhadap berbagai macam penyakit. Walaupun Anda membiarkan kucing di dalam rumah sepanjang hari, Namun dihindari kucing tetap akan terserang penyakit. Kesehatan kucing seringkali dipengaruhi oleh kondisi tubuh, makanan, mental kucing, dan juga usia. Sebagai orang yang menyayangi dan memiliki kucing, tentu saja Anda harus waspada apabila terdapat penyakit yang terjadi pada kucing. Seperti misalnya penyakit kulit pada kucing, yang bisa menulari bahkan hingga mengakibatkan kematian pada kucing. 

Salah satu tanda yang seringkali terlihat ketika kucing terserang penyakit kulit, ia akan sering menggaruk tubuhnya. Perlu Anda ketahui, ternyata kulit dari seekor kucing peliharaan Anda akan rentan untuk terkena masalah atau penyakit. Baik itu alergi, parasit, infeksi, dan beberapa kondisi lainnya. Ada begitu banyak Masalah kulit yang biasanya menyerang kucing. Berikut ini adalah beberapa penyakit kulit yang sering kali terjadi pada kucing.


penyakit kulit pada kucing

Infeksi Jamur

Masalah yang sering kali dialami oleh cukup banyak kucing adalah infeksi bakteri. Telinga adalah salah satu dari bagian tubuh kucing yang biasanya paling sering terinfeksi jamur. Beberapa tanda yang muncul ketika terkena infeksi jamur, yaitu telinga bagian luar kemerahan, keluarnya cairan kuning atau hitam, dan kucing akan menggaruk telinganya terus-menerus. Untuk mengetahui dan mengatasi penyakit kulit ini Anda dapat meminta bantuan dari dokter hewan.

Alergi

Tidak jarang kucing peliharaan yang seringkali berada di rumah juga  mungkin mengalami alergi. Umumnya Hal ini disebabkan karena makanan maupun faktor lingkungan. Alergi juga dapat menyebabkan kucing mengalami muntah dan diare, selain memicu masalah kulit. Maka dari itu, Anda harus memberikan makanan berkualitas tinggi untuk kucing seperti Royal Canin yang mengandung berbagai nutrisi terbaik. 

Kutu

Penyakit kulit pada kucing yang biasanya juga seringkali terjadi adalah kutu. Ada beberapa gejala yang muncul ketika kucing terinfeksi kutu, mulai dari bulu yang menipis pada ujung ekor bagian atas, menggaruk badan dengan terus-menerus, dan beberapa gejala yang lain. Supaya bisa menghilangkan kutu pada kucing, maka Anda harus rajin membersihkan kucing secara terus-menerus dan keseluruhan. Juga termasuk pada barang-barang yang ada di sekitarnya.