Bisnis

Ciri-Ciri Liontin Berlian Terjangkau yang Asli

liontin berlian terjangkau

Pernahkah Anda menemukan penawaran liontin berlian dengan harga terjangkau? Karena identik dengan harga yang tinggi, Anda mungkin kurang yakin dengan liontin berlian terjangkau tersebut. Apakah benar-benar asli atau menggunakan batu lain yang lebih murah. Pasalnya memang banyak batu yang memiliki penampilan seperti berlian, contohnya adalah moissanite. Anda perlu mengetahui ciri-ciri liontin asli untuk menghindari batu permata yang mirip dengan berlian. Berikut ini adalah ciri-cirinya:

Refleksi Cahaya

Berlian asli mampu merefleksikan cahaya dari berbagai sisi, bukan hanya dari atas saja, tapi juga dari samping maupun bawah. Ketika menerima cahaya, berlian akan langsung merefleksikan cahaya tersebut. Itulah yang membuat berlian berkilau dengan indah. Hati-hatilah dengan liontin terjangkau yang tidak mampu merefleksikan cahaya.

Tingkat Kekerasan

Berlian asli adalah batu mulia paling keras di dunia, tingkat kekerasannya mencapai 10 Mohs. Di bawah berlian ada batu ruby dengan tingkat kekerasan 9 Mohs. Karena tingkat kekerasannya itu, berlian tidak akan mudah pecah meskipun jatuh atau terkena benturan keras. Jika liontin yang Anda miliki mudah retak atau pecah, bisa saja liontin tersebut palsu.

liontin berlian terjangkau

liontin berlian terjangkau

Tingkat Ketahanan Terhadap Goresan

Ciri liontin berlian asli selanjutnya yaitu memiliki tingkat ketahanan terhadap goresan. Jadi bukan hanya benturan saja, berlian juga tahan terhadap goresan. Anda mungkin pernah menemukan batu permata yang mudah tergores hanya karena aktivitas sehari-hari. Batu permata tersebut sepertinya bukan berlian asli. Pasalnya berlian tahan terhadap goresan, apalagi goresan ringan dari aktivitas sehari-hari.

Menyerap Panas

Menyerap panas yang dimaksud adalah berlian tidak bisa terasa panas meskipun terkena api atau sinar matahari yang panas. Ketika berada di luar rumah dalam jangka waktu lama, sinar matahari pasti akan mengenai liontin Anda. Namun liontin asli tidak akan terasa panas karena mampu menyerap panas. Sedangkan berlian palsu terasa panas meskipun Anda sudah berada di dalam rumah atau ruangan. Panas pada berlian palsu bertahan lama.

Bukan Kualitas Tertinggi

Harga liontin berlian tergantung kualitasnya. Jika Anda menemukan liontin berlian dengan harga terjangkau, biasanya kualitasnya bukan kualitas tertinggi. Pasalnya liontin dengan kualitas tertinggi harganya sangat mahal. Apalagi jika menggunakan fancy color diamond atau berlian berwarna, harganya bisa ratusan juta. Meskipun bukan kualitas tertinggi, namun liontin berlian tetap berkilau dengan indah. Liontin berlian dengan color grade H dan clarity grade VS sudah sangat bagus dan terjangkau.

Menggunakan Setting Berlian yang Baik

Berlian merupakan batu permata berharga yang memiliki nilai tinggi. Jadi setting yang digunakan pastinya tidak sembarangan. Setting pada perhiasan berlian mengacu pada bagaimana berlian dipasang di bagian rangkanya. Jika setting-nya sembarangan, maka berlian akan mudah lepas. Tidak mungkin pengrajin perhiasan membuat setting sembarangan karena berlian harganya tinggi. 

Memiliki Sertifikat

Ciri-ciri liontin asli yang terakhir tentu saja memiliki sertifikat dari lembaga kredibel. Lembaga sertifikasi berlian yang diakui secara internasional yaitu GIA, EGL, AGS, IGI, dan lain sebagainya. Jangan lupa memastikan keaslian sertifikat tersebut. Sertifikat asli menggunakan kertas berkualitas dan terdapat tanda hologram. Anda juga bisa mengecek keaslian sertifikat secara online.

Itulah ciri-ciri liontin berlian terjangkau asli yang perlu Anda ketahui. Jadi tidak semua liontin berlian harga terjangkau itu palsu. Pasalnya harga liontin ditentukan kualitas dan desainnya. Agar aman, Anda bisa membeli liontin berlian di Mondial Jeweler. Brand satu ini menawarkan banyak liontin berlian harga terjangkau untuk Anda. Desainnya simple sehingga cocok digunakan kapan saja. Lihat saja Dreams Collection dari Mondial Jeweler di www.mondialjeweler.com