Bisnis

6 Perhiasan Berlian Langka dan Termahal di Dunia

perhiasan berlian langka
perhiasan berlian langka

Sebagian besar dari Anda pasti tidak kaget lagi dengan perhiasan berlian yang harganya mahal. Perhiasan tersebut memang dikenal sebagai perhiasan bernilai tinggi yang sering digunakan oleh kalangan atas. Perhiasan berlian langka nilainya akan semakin tinggi dan sulit dimiliki. Pasalnya berliannya sulit didapatkan dan hanya ada satu-satunya di dunia.

Apakah Anda pernah memperkirakan berapa harga berlian paling langka dan mahal tersebut? Berikut ini adalah enam perhiasan berlian paling langka dan mahal di dunia yang mungkin belum Anda ketahui:

The Koh-I-Noor

Berlian paling mahal di dunia bernama The Koh-I-Noor. Beratnya mencapai 105,6 carat, sementara bentuknya oval cut. Dikatakan sebagai berlian yang legendaris karena dipercaya sudah ada sejak tahun 1300-an. The Koh-I-Noor juga memiliki banyak kontroversi, salah satunya klaim jika Inggris mencurinya dari India. Selain dikenal dengan nama The Koh-I-Noor, berlian ini juga dinamai dengan Diamond of Babur dan Mountain of Light.

The Cullinan

The Cullinan merupakan berlian kasar dengan ukuran paling besar karena beratnya mencapai angka 3.106,75 carat. Berlian ini kabarnya ditemukan di wilayah Afrika Selatan pada tahun 1905 lalu. Selanjutnya berlian diberikan pada Raja Edward VII untuk dimiliki. Karena terlalu besar, akhirnya berlian yang juga disebut Bintang Afrika ini dipotong menjadi 9 batu utama.

perhiasan berlian langka
perhiasan berlian langka

The Hope Diamond

The Hope Diamond sendiri merupakan perhiasan berlian asli berupa kalung yang sangat indah. Kabarnya ditemukan pada tahun 1600-an di India, lalu dibeli di tahun 1668 oleh Raja Louis XIV. Meskipun sempat dicuri pada tahun 1791, berlian berwarna biru yang indah ini kemudian muncul lagi tahun 1839 di London. Banyak yang beranggapan jika The Hope Diamond adalah batu yang terkutuk karena banyak kemalangan yang dialami pemiliknya. 

Diamond Centenary

Sama seperti The Cullinan, Diamond Centenary juga termasuk berlian kasar dengan berat mencapai 500 carat. Berlian akhirnya diubah menjadi heart cut dengan berat 273,85 carat. Pengerjaan pemotongan berlian itu memakan waktu hingga 154 hari. Kabarnya Diamond Centenary memiliki harga sekitar 100 dolar AS.

The Pink Star

The Pink Star yang dulu dikenal dengan nama Steinmetz Pink ini adalah berlian berwarna vivid pink yang paling besar di dunia. Berbentuk oval dengan berat mencapai 59,60 caat. Pada tahun 2017, Chow Tai Fook Enterprises Hong Kong membelinya dari sebuah lelang seharga 71,2 juta dolar AS.

Winston Blue

Sesuai dengan namanya, berlian ini berwarna biru yang sangat indah dan menarik. Awalnya dikenal dengan nama Fancy Vivid Blue Diamond. Namun oleh Harry Winston diganti dengan nama The Winston Blue setelah dibeli di tahun 2014 lalu. Winston Blue Diamond ini memiliki berat 13,22 carat. Bentuknya adalah pear shape dan sering digunakan untuk membuat perhiasan cincin berlian yang cantik. 

Itulah enam perhiasan berlian langka yang paling mahal di dunia. Tenang saja, Anda tidak perlu mengeluarkan budget milyaran dan triliunan rupiah untuk mendapatkan perhiasan berlian. Mondial menawarkan perhiasan mulai dari harga jutaan hingga puluhan juta, jadi sesuaikan saja dengan budget.

Salah satu hal yang membuat perhiasan Mondial bisa dibilang langka adalah penilaian light performance. Penilaian tersebut menentukan kualitas berlian berdasarkan interaksi dengan cahaya. Pasalnya keindahan berlian sendiri ditentukan dengan hal tersebut. Penilaian light performance dianggap mampu melebih penilaian 4C dari GIA. Anda yang tertarik dengan perhiasan berlian Mondial bisa mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai light performance di www.mondialjeweler.com.