Bisnis

Cara Terbaik Merawat Perhiasan Berlian Langka Agar Tetap Indah

Perhiasan Berlian Langka
Perhiasan Berlian Langka

Memiliki perhiasan berlian bisa menjadi kebanggaan tersendiri sebab perhiasan tersebut berasal dari batu mulia dengan harga yang sangat mahal. Memakainya akan menjadikan penampilan semakin terlihat berkelas dan elegan. Selain untuk menunjang penampilan, perhiasan berlian langka juga bisa menjadi alat investasi yang nilainya diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya waktu.

Karena merupakan perhiasan mewah yang berharga sangat mahal, tentu perhiasan berlian tidak boleh diperlakukan sembarangan. Cara merawatnya harus memperhatikan setiap detailnya dan butuh lebih berhati-hati serta waspada. Apalagi perhiasan berlian akan terlihat tetap indah jika kilaunya terjaga. Maka dalam perawatannya tidak hanya penting untuk membersihkan tetapi juga harus tetap dengan menjaga kilaunya. Seperti inilah cara benar dan tepat dalam merawat perhiasan berlian.

  • Pakai Pembersih Khusus

Merawat perhiasan berlian agar kilaunya tetap terjaga harus dengan rutin membersihkannya. Namun perlu diperhatikan bahwa membersihkan perhiasan berlian tidak boleh menggunakan sembarang sabun, seperti sabun mandi dan sabun untuk cuci piring. Perhiasan berlian harus dibersihkan menggunakan cairan pembersih khusus agar tidak mengurangi kualitas permukaan berlian. Dengan cairan pembersih khusus ini, membersihkan berlian sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah. Jika ingin hasil yang lebih bagus, gunakan metode uap ultrasonic.

Perhiasan Berlian Langka
Perhiasan Berlian Langka
  • Hindari Parfum dan Produk Kosmetik

Selain harus rutin membersihkan, penting juga untuk memperhatikan perhiasan berlian langka saat mengenakannya. Pasalnya mengenakan perhiasan berlian mewah juga perlu hati-hati agar tidak rusak. Sebaiknya jauhkan perhiasan berlian dari penggunaan parfum. Selain itu, hindari juga memakai produk kosmetik yang berlebihan saat menggunakan perhiasan berlian. Pasalnya produk-produk jenis itu mungkin memiliki kandungan yang bisa memberikan dampak buruk pada kualitas perhiasan berlian.

  • Berikan Tempat Masing-masing

Membersihkan secara rutin serta menghindari pemakaian berbagai produk kosmetik saja tidak cukup untuk mempertahankan kualitas kilau berlian. Perhiasan berlian mewah masih harus disimpan dengan sangat teliti. Tidak dianjurkan untuk menyimpan perhiasan berlian secara sembarangan dengan menempatkannya pada satu tempat yang sama. Sebaiknya perhiasan berlian ditempatkan pada tempat tersendiri untuk setiap itemnya.

Misalnya satu set berlian pada satu kotak dan perhiasan yang lain di kotak yang lain pula. Cara seperti ini akan membuat berlian tetap indah karena terhindar dari gesekan dengan satu sama lain.

  • Pastikan Berlian Tetap Kering

Saat membersihkan perhiasan berlian, bisa saja menggunakan air tapi harus dalam jumlah yang cukup. Setelah selesai membersihkan, pastikan perhiasan berlian dikeringkan dengan sempurna sebelum dikembalikan pada tempat penyimpanan.

Membiarkan berlian tetap basah dan langsung menyimpannya akan membuat permukaannya menjadi lembab dan itu bisa memicu kerusakan. Maka keringkan perhiasan berlian dengan lap bersih dan lembut agar kualitasnya tetap terjaga. Pada saat memakainya, pastikan juga berlian tidak terkena air atau keringat terlalu banyak.

  • Berikan Asuransi

Karena begitu berharga, tidak ada salahnya untuk menjaga berlian dengan asuransi khusus. Karena tidak ada yang bisa memastikan keamanan berlian di masa depan sekalipun sudah dilakukan berbagai cara untuk menjaganya.

Ketika berlian diberikan asuransi khusus, maka tidak ada lagi kekhawatiran tentang kerugian yang mungkin timbul, seperti kerusakan atau kehilangan. Belum banyak orang yang sadar akan pentingnya asuransi untuk berlian, jadi mulailah dari sekarang daripada terlambat.

berlian diberikan asuransi khusus, maka tidak ada lagi kekhawatiran tentang kerugian yang mungkin timbul, seperti kerusakan atau kehilangan. Belum banyak orang yang sadar akan pentingnya asuransi untuk berlian, jadi mulailah dari sekarang daripada terlambat.

Memiliki perhiasan berlian langka yang menjadi kebanggaan seharusnya disertai dengan usaha yang benar dalam menjaganya. Selain membersihkan, ternyata penting juga untuk menjaga berlian ketika memakai dan menyimpannya.