Bisnis

5 Tips Mandiri Merawat Pajero Hingga Awet Bertahun-tahun

Pajero
Pajero

Mobil merupakan kendaraan sekaligus teman dalam menunjang aktivitas harian bagi setiap orang. Terutama bagi Anda yang setiap hari selalu menempuh perjalanan jauh dari rumah ke kantor, tentu adanya mobil akan sangat membantu memudahkan segalanya. Nah, dengan begitu Anda harus menjaga  kondisi mobil agar tetap prima. Terutama Pajero yang perlu perhatian khusus.

Memperhatikan keadaan Pajero kesayangan tentu akan menghindarkan Anda dari kerusakan mobil baik dalam jangka panjang maupun pendek mulai dari performa yang semakin menurun atau bahkan kerusakan yang bisa saja tiba-tiba terjadi akibat dari seringnya melakukan service berkala. Maka dari itu penting sekali untuk memberikan perawatan pada mobil Anda apabila masih ingin terus menggunakannya hingga waktu yang lama. Namun, jangan khawatir. Perhatikan berbagai tips mandiri dalam merawat mobil kesayangan Anda berikut ini.

Pajero
Pajero
  • Panaskan mesin

Dalam hal perawatan mobil, pertama-tama Anda harus memperhatikan ‘kesehatan’ terlebih dahulu. Anda dapat memanaskan mesin mobil 5-10 menit sebelum mengendarainya. Hal ini bertujuan agar oli dapat melumasi berbagai komponen mesin sehingga gesekan yang terjadi pada antar komponen bisa menjadi lebih halus dan mobil dapat digunakan dengan maksimal.

  • Gunakan oli yang sesuai

Mungkin beberapa dari pengendara mobil masih belum memperhatikan penggunaan oli. Fungsi oli tidak hanya melunasi antar komponen menjadi lebih halus, melainkan juga untuk mendinginkan suhu mesin serta melindungi dan membersihkan komponen-komponen penyusun mesin. Selain itu, Anda juga harus menggunakan oli mesin yang sesuai dengan rekomendasi produsen mobil Anda.

  • Gunakan Solar

Apabila Anda ingin menggunakan solar, maka sebaiknya Anda menggunakan solar yang berkualitas tinggi, yaitu solar dengan kandungan Cetane Number (CN) yang tinggi dan juga memiliki kandungan Sulfur yang rendah. Apabila kandungan Sulfur pada mesin terlalu tinggi maka akan berakibat buruk. Sebab dengan kandungan Sulfur yang rendah maka emisi gas buang juga akan semakin rendah dan filter solar, saluran bahan bakar, dan ruang pembakaran mesin akan jadi lebih bersih.

  • Ganti filter Solar berkala

Fungsi filter pada mobil adalah menyaring air, debu dan kotoran yang ada pada solar agar tidak masuk ke ruang pembakaran. Anda harus melakukan penggantian filter solar secara berkala setiap 20 ribu kilometer dan pastikan produk yang Anda gunakan adalah produk dengan kualitas yang bagus.

  • Ganti filter udara berkala

Yang terakhir adalah mengganti filter udara yang dilakukan sama seperti penggantian filter solar, yaitu setiap 20 ribu kilometer. Filter udara berguna agar debu, kotoran, dan partikel kecil yang terbawa angina tidak ikut masuk ke dalam ruang pembakaran dan mengganggu kinerja ruang pembakaran sehingga terjadinya injector stuck. Salah satu hal yang dapat membuat pembakaran lebih sempurna adalah ketersediaan udara bersih.

Demikian berbagai tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat dan menjaga Pajero kesayangan Anda. Selain berbagai hal diatas yang dapat Anda lakukan secara mandiri. Selain itu, melakukan service rutin di bengkel resmi juga tidak kalah pentingnya untuk melengkapi perawatan pada mobil Anda.

Perlu diperhatikan dengan baik, lakukan service rutin hanya di bengkel resmi sesuai dengan anjuran manual book demi meminimalisir kemungkinan dari kerugian yang akan Anda dapatkan apabila Anda berniat untuk melakukan service rutin di bengkel non-resmi. Sekian berbagai tips yang bisa Anda terapkan di rumah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada tips yang lain.