Bisnis

Cara Mudah Mengetahui Ciri-Ciri Perhiasan Berlian Asli

perhiasan berlian asli
perhiasan berlian asli

Berencana membeli atau memesan perhiasan berlian asli tapi tidak tahu bagaimana cara membedakannya? Jangan khawatir, disini kami akan membantu Anda untuk mengetahui bagaimana cara membedakan yang asli dengan yang palsu dengan cara mengetahui ciri-cirinya saja.

Sebenarnya, ciri-ciri berlian asli itu tidak sulit untuk dibedakan. Nah, di artikel ini kami akan coba jelaskan apa saja ciri-cirinya agar Anda bisa membedakan perhiasan tersebut.

1.  Tingkat Kekerasan Berlian

Ciri-ciri perhiasan berlian wanita maupun pria yang asli itu dapat kita bedakan dari daya tahan atau kekuatannya. Perlu Anda ketahui, berlian merupakan sebuah batu mulia yang memiliki tingkat kekerasan yang sangat tinggi.

Tingkat kekerasan berlian ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan batu lainnya. Bahkan berlian tidak dapat dipotong sehingga tingkat kekerasannya merupakan salah satu yang paling keras di dunia.

Artinya, jika Anda memiliki berlian kemudian berbekas ketika tergores oleh benda tumpul, maka bisa dipastikan bahwa berlian tersebut palsu. Karena berlian asli bahkan hanya bisa dipotong oleh berlian yang lainnya.

2.  Tidak Berubah Warna dan Bentuk Saat Dibakar

Berlian palsu umumnya terbuat dari bahan plastik. Seperti yang kita ketahui, bahan tersebut mudah berubah bentuk maupun warna saat dibakar atau terbakar. Jika Anda memiliki berlian yang berubah bentuk dan warna saat terbakar, maka dapat dipastikan berlian tersebut palsu.

Kekuatannya ini tidak lepas dari bentuk berlian yang pada dasarnya adalah batu mulia yang memiliki tingkat kekerasan yang tinggi.

3.  Tenggelam di Dalam Air

Mengecek berlian juga bisa dilakukan dengan cara yang mudah dengan hanya memasukkannya ke dalam segelas air. Berlian merupakan batuan alam yang terbentuk selama jutaan tahun sehingga membuatnya menjadi begitu menawan.

Sama seperti batu yang lainnya, bobot berlian ini tergolong berat dan solid sehingga tenggelam jika dimasukkan ke dalam air. Anda bisa mengeceknya sendiri secara langsung.

Jika berlian tersebut mengambang atau berada di tengah-tengah gelas maka bisa dikatakan palsu.


perhiasan berlian asli

4.  Mampu Memantulkan Cahaya

Salah satu alasan kenapa berlian tampak begitu indah dan menawan adalah kemampuannya saat memantulkan cahaya. Kemampuannya inilah yang membuat berlian tampak begitu menawan dan berkilau.

Kemampuannya dalam memantulkan cahaya tidak lepas dari tingkat solid dari berlian tersebut. Jika Anda perhatikan lebih dekat, meskipun tampak seperti cermin, pada dasarnya berlian adalah batuan solid yang tidak tembus pandang. Itulah kenapa, batu mulia ini bisa memantulkan cahaya sehingga membuatnya begitu berkilau.

5.  Memiliki Sertifikat

Sertifikat bisa menjadi salah satu ciri yang membedakan antara berlian asli dengan berlian palsu. Meski begitu, masih banyak juga berlian yang belum memiliki sertifikat. Artinya sertifikat bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk Anda yang ingin tahu kualitas dan keaslian suatu berlian.

Di sisi lain, sertifikat juga merupakan surat-surat penting yang juga memiliki banyak informasi terkait berlian tersebut. Adapun informasinya tidak hanya sekedar keasliannya saja, tapi juga memiliki informasi lain seputar kualitas hingga tempat berlian tersebut ditemukan.

Rekomendasi Toko Perhiasan Berlian Asli

Bagi yang masih bingung mencari tempat membeli toko perhiasan terpercaya yang hanya menjual perhiasan berlian yang asli, percayakan saja pada Mondial. Brand perhiasan tersebut hanya menawarkan produk perhiasan premium yang menyediakan banyak varian desain perhiasan berkualitas jempolan.

Demikian penjelasan seputar ciri-ciri perhiasan berlian asli yang bisa Anda jadikan sebagai patokan atau acuan saat ingin membeli sebuah perhiasan. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan Anda saat berencana membeli perhiasan.