Bisnis

Makna dari Solitaire Engagement Ring, Simbol Ikatan Cinta Pasangan

solitaire engagement ring

Sebuah pertunangan biasanya ditandai dengan pemberian cincin oleh calon mempelai pria kepada wanitanya. Adapun acara pertunangan juga dimaksudkan untuk mengikat pasangan agar dapat menjalani jenjang pernikahan pada waktu yang telah ditentukan. Banyak proses yang harus dijalani ketika melangsungkan acara pertunangan. Termasuk pemberian cincin. Pemberian solitaire engagement ring ini juga tak lepas dari beberapa makna dan alasan. 

Nah, apa saja alasan di balik prosesi pemberian cincin tersebut? berikut ulasannya. 

Alasan dan makna di balik pemberian solitaire engagement ring

solitaire engagement ring
solitaire engagement ring

Dipakai pada jari tangan kiri

Cincin tunangan umumnya dipakai di jari manis pada tangan kiri. Dalam sebuah kepercayaan masyarakat Yunani dan Romawi kuno, jari manis sebelah kiri merupakan sebuah aliran vena cinta yang akan membawa darah ke hati. kepercayaan tersebut membawa kepada kepercayaan bahwa dengan mengenakan cincin sesuai dengan posisi tersebut, maka pasangan akan saling mencintai hingga kelak menikah cincin tersebut berpindah pada tangan kanan. 

Cincin berbentuk bundar

Umumnya, cincin memang berbentuk bundar melingkar pada jari. Namun, ternyata bentuk ini memiliki makna dan maksud tertentu dalam sebuah pertunangan. Bentuk bundar ini memiliki arti sebagai relasi yang tak terpisahkan. Ini bermakna bahwasannya pasangan memiliki hubungan yang tak akan dapat terpisahkan. 

Selain itu, bentuk bundar ini juga memiliki makna keterikatan yang tak akan terpisah di antara pasangan. Pertunangan pada hakikatnya bertujuan agar pasangan tak akan pergi sebelum hari pernikahan tiba. 

Pertanda sebuah kehadiran

Cincin pertunangan juga dapat menjadi pertanda bagi pasangan, bahwasannya ia telah memiliki sebuah ikatan spesial dengan seseorang. Sebuah cincin di jari manis sebelah kiri seseorang menjadi pertanda, bahwa ia memiliki seorang pasangan yang akan selalu ada untuk dirinya. 

Hal tersebut juga digunakan sebagai pengingat agar ia tak akan pindah ke lain hati karena telah memiliki seseorang yang selalu ada untuknya. Maka dari itu, ada baiknya jika kedua calon mempelai sama-sama mengenakan engagement ring pada jari manis sebelah kiri mereka. 

Dinyatakan sebagai bukti cinta pasangan

Adapun makna lain dari pemberian cincin pertunangan yaitu digunakan sebagai simbol atau bukti cinta terhadap pasangan. Kehadiran cincin tersebut juga bisa bermakna sebagai pertanda, bahwasannya seseorang telah memiliki pasangan yang akan dinikahinya kelak. 

Beberapa orang akan percaya bahwasannya sebuah cincin pertunangan menjadi sebuah simbol ikatan cinta. Kedua calon mempelai dapat melanjutkan komitmen ke jenjang yang lebih tinggi dan suci, yakni pernikahan. 

Bukti kekompakan kedua calon mempelai

Sebelum melangsungkan prosesi pernikahan, melakukan acara tunangan merupakan sebuah adat yang telah banyak diyakini masyarakat. Pertunangan merupakan momen penting dimana calon mempelai pria meminang sang pujaan hatinya untuk kelak ia nikahi. Prosesi peminangan ini biasanya disimbolkan dengan hadirnya cincin tunangan yang akan mengikat kedua calon mempelai. 

Hadirnya cincin disini tak hanya untuk mengikat, namun juga untuk memperlihatkan bentuk kekompakan dua sejoli ini sebagai pasangan yang akan menikah. Dalam beberapa adat, terdapat prosesi tukar cincin. Prosesi inilah wujud dari kekompakan pasangan yang akan menikah tersebut. 

Dapat dijadikan sebagai cincin pernikahan. 

Tidak ada sebuah ketentuan yang mewajibkan pasangan harus membeli cincin baru yang berbeda dengan cincin tunangan. Cincin tunangan yang telah diserahkan bisa juga difungsikan untuk cincin pernikahan sekaligus. 

Dengan demikian, pasangan dapat menghemat budget yang dikeluarkan untuk pernikahan. Yang paling penting dari itu semua yaitu keduanya memiliki ikatan cinta secara batin yang tak akan mampu dihancurkan. 

Nah, itulah beberapa makna dari cincin pertunangan. Semoga membantu!