Bisnis

Mengenal Apa Itu Deposito dan Cara Mendaftarnya

Mengenal Apa Itu Deposito dan Cara Mendaftarnya

Deposito merupakan tabungan online berjangka yang menawarkan keuntungan ekstra. Pasalnya, deposito adalah jenis tabungan yang punya konsep investasi menguntungkan dan minim resiko. Nah, bagi yang ingin tahu apa itu deposito, berikut ini kami akan coba jelaskan informasinya kepada Anda.

Di artikel ini kami akan coba bahas tentang deposito secara mendetail kepada Anda. Di akhir artikel, kami juga akan menjelaskan bagaimana cara mendaftar deposito bagi yang tertarik. Jadi, silahkan simak artikel ini hingga selesai.

Pengenalan Deposito

Di pembahasan pertama ini, mari kita kupas secara tuntas tentang apa itu produk deposito. Di sini kami akan membagi pembahasan ke dalam beberapa poin agar Anda mudah untuk mencernanya.

1.      Sistem Deposito

Di poin pertama ini kami akan coba menjelaskan tentang apa itu produk deposito dan sistemnya.

Perlu Anda ketahui, deposito merupakan produk finansial layaknya sebuah tabungan. Deposito memiliki sistem tabungan di mana Anda menyimpan sejumlah uang di bank.

Namun, deposito berbeda dengan tabungan biasa. Deposito adalah tabungan berjangka yang berbunga namun punya syarat tertentu. Sederhananya, tabungan deposito merupakan investasi yang cocok untuk pemula.

2.      Syarat Deposito

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, deposito punya syarat tertentu. Meski begitu Anda tidak perlu khawatir karena persyaratannya tergolong ringan dan tidak banyak.

Syarat deposito yang paling mendasar adalah tidak boleh diambil sebelum janga waktu tertentu. Contohnya Anda mendepositokan uang dengan tenor 12 bulan. Maka selama 12 bulan, uang yang Anda depositokan tidak boleh diambil.

Selain itu juga ada syarat minimal penempatan. Namun saat ini penempatan deposito pun tergolong ringan. Pasalnya ada beberapa bank yang hanya menawarkan penempatan sebesar ratusan ribu saja.

3.      Pelanggaran Penalti Deposito

Menyambung dari penjelasan pada poin nomor 2 terkait persyaratan, pada dasarnya Anda bisa melanggar persyaratan tersebut. Persyaratan yang kami maksud di sini yaitu terkait dengan masa tenor.

Contohnya ketika Anda memilih masa tenor selama 12 bulan, lalu di bulan ke-7 Anda sudah ingin mengambil kembali uang Anda. Hal tersebut juga kerap terjadi pada beberapa nasabah dengan alasan yang cukup beragam.

Anda bisa mengambil uang tersebut namun Anda akan mendapatkan penalty. Terkait apa penalti yang Anda terima, silahkan Anda baca panduan deposito atau tanyakan di awal pendaftaran deposito.

Maka dari itu, untuk menghindari adanya penalti, sebaiknya Anda mempertimbangkan jangka tenor sebelum memilihnya.

4.      Mengenal Bunga Deposito

Bunga yang Anda dapatkan tergantung dari bank yang Anda pilih. Karena beberapa bank ada yang menawarkan bunga yang sama, namun ada juga yang lebih besar atau bahkan malah lebih kecil.



Besar kecil sebuah bunga juga tergantung dari syarat ketentuan yang berlaku. Jadi, silahkan Anda pertimbangkan bank yang akan dipilih, kemudian kenali apa persyaratannya terlebih dahulu.

Cara Mendaftar Deposito

Semua bank yang ada di Indonesia saat ini sudah membuka produk deposito bagi para nasabahnya. Salah satunya yaitu Bank Sinarmas yang bahkan sudah menyediakan sistem pendaftaran deposito online.

Nah, berikut ini kami akan coba jelaskan apa saja cara-cara mendaftar deposito yang baik dan benar.

  • Usia minimum 21 tahun.
  • Sudah menjadi nasabah di bank terkait.
  • Memilih jangka tenor deposito sesuai dengan kebutuhan.
  • Menyiapkan uang penempatan minimal sesuai dengan syarat minimum penempatan di bank terkait.
  • Proses pendaftaran bisa melalui kantor cabang, m-banking, maupun e-banking.

Demikian penjelasan seputar penjelasan apa itu deposito dan juga cara pendaftarannya. Bagi Anda yang tertarik, Anda bisa mendaftarnya sekarang juga di Bank Sinarmas.