pendidikan

5 Alasan Mengapa Perlu Belajar Animasi di Sekolah Animasi

Sekolah Animasi
Sekolah Animasi

Punya mimpi menjadi seorang animator? Jika iya, maka Anda perlu masuk ke sekolah animasi. Mengapa harus sekolah, bukankah bisa belajar otodidak? Mungkin banyak yang berpikir seperti ini. Sebenarnya pemikiran tersebut tidak salah, tapi tidak semua orang bisa belajar sendiri.

Banyak orang yang memerlukan bimbingan langkah demi langkah dalam mempelajari sesuatu. Oleh sebab itu, mengikuti pendidikan di sekolah atau kursus menjadi hal penting dilakukan. Terutama memilih IDS Education, karena sekolah satu ini menyediakan pendidikan animasi dengan pendekatan real world project. Jadi, Anda akan belajar dengan membuat proyek asli sehingga setelah lulus siap terjun ke industri animasi.

Alasan Belajar di Sekolah Animasi

Belajar animasi memang bisa dilakukan mandiri, tapi jauh lebih baik jika ikut pendidikan formal. Buat Anda yang masih ragu untuk belajar animasi di sekolah, berikut alasan pentingnya belajar di sekolah atau tempat kursus animasi:

  • Sudah Ada Urutan Pembelajarannya

Belajar di sekolah tentu saja sudah ada kurikulum pembelajarannya sehingga saat belajar ada urutannya. Mulai dari teknik dasar dan terus meningkat ke teknik lebih tinggi. Sedangkan belajar mandiri mungkin tidak demikian, Anda akan mempelajari apa yang disukai terlebih dahulu sehingga terkadang hal-hal dasar malah dipelajari belakangan.

Dengan mengikuti pembelajaran sesuai urutan, maka Anda akan meningkatkan skill secara bertahap juga. Selain itu, juga belajar bagaimana bekerja secara sistematis dan berurutan.

Sekolah Animasi
Sekolah Animasi
  • Diajari oleh Para Profesional

Ketika Anda memilih belajar di sekolah animasi, maka pengajarnya sudah pasti mereka yang sudah profesional. Belajar mandiri memang bisa belajar dari animator pro juga, tapi dalam bentuk video tutorial. Sedangkan di sekolah, Anda akan belajar berhadapan langsung dengan para tutor.

Tentu saja, cara belajar tatap muka dan praktik langsung seperti ini lebih baik dibandingkan belajar lewat video. Anda akan bisa melihat dan bertanya langsung kepada pengajar mengenai teknik pembuatan animasi.

  • Memiliki Ijazah Animator

Paling penting jika mengenyam pendidikan di sekolah adalah mendapatkan ijazah atau sertifikat keahlian. Ini merupakan modal saat Anda hendak mencari pekerjaan di industri animasi. Hal pertama yang akan dilihat adalah apakah Anda punya ijazah animasi dan dari sekolah mana.

Jadi, harus pandai pilih sekolah. Pastikan yang sudah punya nama sehingga membuat Anda lebih terpercaya di dunia kerja. Seperti IDS Education yang sudah dikenal menghasilkan lulusan di bidang animasi terbaik.

  • Dapat Bekerja dengan Rekomendasi Sekolah

Jika Anda memilih bersekolah, maka kemungkinan besar akan mendapatkan rekomendasi tempat kerja atau proyek pekerjaan animasi. Banyak sekolah yang sudah bekerja sama dengan pihak tertentu sehingga siswa atau lulusannya dapat langsung bekerja saat masa pendidikan atau setelah lulus.

Mendapatkan rekomendasi tidak menjadi keistimewaan semua orang, hanya jika Anda punya prestasi dan kemampuan akan diakui. Biasanya peserta didik dengan nilai atau keahlian akan mudah mendapatkan rekomendasi.

  • Lebih Terarah dan Terpercaya

Alasan lain mengapa Anda perlu belajar animasi di sekolah karena lebih terarah dalam pembelajarannya. Peserta didik akan diajari teknik demi teknik dengan menggunakan software-software tertentu. 

Ibaratnya sudah ada paketan pembelajarannya, misalnya di semester awal belajar teknik dasar menggunakan software tertentu di semester berikutnya naik ke teknik menengah atau berganti ke software lain.

Nah, bagi Anda yang punya cita-cita menjadi animator atau pekerjaan lain yang berhubungan dengan animasi, maka sekolah animasi IDS Education dapat dijadikan pilihan. Dengan sistem pembelajaran yang terarah, lulusan sekolah tinggi ini memiliki kompetensi bersaing di dunia kerja sehingga prospek kerjanya sangat bagus.