Pasti semua mama ingin anaknya bisa menjalin sebuah pertemanan dan melakukan sosialisasi dengan orang lain dengan baik. Untuk itu mulai sejak dini sebaiknya mulailah melatih buah hati anda untuk bersosialisasi dengan cara memberikan contoh kepada mereka. Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa membantu mama untuk melatih anak bersosialisasi.

Pertama, mempersiapkan si kecil. Cara mendidik si kecil untuk bisa bersosialisasi yaitu dengan mempersiapkan anak, persiapkan skenario ketika berada di situasi tertentu. Contohnya bila anak akan berangkat ke sebuah pesta ulang tahun temannya atau ke area bermain, sebaiknya berikan anak beberapa tips. Ajari anak untuk mengucapkan selamat ulang tahun, atau bagaimana untuk mendekati teman kemudian mengajaknya bermain. Dengan begitu anak tidak akan merasa grogi. Dan anak bisa berkembang dengan sendirinya.

Kedua, memberi si kecil kesempatan untuk bersosialisasi. Membantu anak untuk bersosialisasi dengan cara memberi mereka kesempatan untuk bergaul dengan anak yang lain. Mama boleh berpartisipasi dengan bergabung ke komunitas orang tua dari teman sekelas anak. Tetapi mama perlu ingat untuk tetap memiliki batasan diri dan tidak terlalu ikut mengontrol di pertemanan anak anda.

Sebaiknya orang tua tidak perlu langsung menengahi anak secara langsung ketika bermain bersama dengan temannya. Sebaiknya mama memantau anak dari jarak jauh lalu ajak anak untuk melakukan diskusi tentang sesi bermain mereka jangan langsung mengkritik.

Setiap kesempatan anak melakukan sosialisasi, ini memberi anak latihan untuk bisa mengasah keahlian sosial yang baik untuk mereka nantinya. Sebaiknya mama lihat gerak gerik anak sambil melihat bagaimana cara bergaul anak.

Ketiga, orang tua perlu menjadi panutan yang baik. Salah satu tips yang paling penting melatih anak bergaul yaitu dengan menjadi panutan untuk anak yang dapat diandalkan. Orang tua juga perlu memperlihatkan kemampuannya untuk bisa menjalin hubungan persahabatan dengan orang lain, melakukan interaksi seperti melakukan tegur sapa. Lalu ajaklah anak anda untuk melakukan hal yang sama seperti memberi salam dan juga memberi kata perpisahan dengan cara yang sopan.

Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. Wyeth Nutrition hadir dengan produk varian susu S-26 Promise Gold (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MULTIEXCElTM aLipids System membantu Mama mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat.

Categories: Kesehatan

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *