Kesehatan

Kalender Kesuburan untuk Rencanakan Kehamilan

kalender kesuburan
kalender kesuburan

Memiliki buah hati tentu menjadi dambaan semua pasangan yang menikah. Dengan adanya buah hati, maka garis keturunan keluarga akan bisa diteruskan. Di sisi lain, kehamilan bukan hak manusia. Tapi manusia tetap bisa mengupayakan untuk terjadinya kehamilan dengan berbagai cara. Salah satu caranya yaitu dengan memperhatikan kalender kesuburan untuk tahu masa subur perempuan.

Masa subur pada perempuan bisa ditandai dari waktu menstruasi hari pertama. Data ini harus dikumpulkan secara rutin setiap bulan untuk memperoleh data yang akurat mengenai masa subur. Selain itu, masa subur juga bisa diketahui dari beberapa ciri. Di antara banyak ciri, kenaikan suhu basal tubuh adalah ciri yang paling sering dijadikan patokan.

kalender kesuburan
kalender kesuburan

Suhu basal tubuh tidak mudah untuk dikenali. Apalagi kenaikan suhu ini tidak terlalu besar alis hanya sebesar 0,5° C saja dari hari lainnya. Tentu itu adalah angka kecil yang pasti sulit dibaca oleh termometer biasa. Sekarang telah diciptakan alat pengukur suhu basal tubuh yang lebih canggih dan modern. Alat ini disebut Femometer yang harus digunakan pada pagi hari sebelum melakukan aktivitas apapun.

Sama seperti termometer pada umumnya, Femometer bekerja dengan sensor pada ujungnya. Namun untuk hasil yang lebih akurat, tempatkan Femometer ini pada bawah lidah. Alat ini nantinya akan mengeluarkan bunyi yang khas. Artinya alat tersebut sudah berhenti bekerja dan sudah menunjukkan hasil yang akurat. Belum selesai sampai di sini karena Anda perlu membaca hasilnya.

Tidak perlu bingung untuk membaca hasil dari Femometer. Alat ini bisa terhubung dengan aplikasi masa subur yang telah terunduh di smartphone. Data awal dari Femometer tadi akan masuk ke dalam aplikasi dan sistem akan mengolahnya menjadi informasi yang akan memudahkan Anda dalam memahaminya. Dari aplikasi tersebut akan terlihat kalender kesuburan.

Kalender kesuburan yang didapat dari alat Femometer dan aplikasi merupakan hasil dengan tingkat akurasi yang tinggi. Tingkat akurasi ini tentu tidak akan diperoleh jika melakukan tes masa subur hanya dengan mengandalkan informasi menstruasi pertama dalam beberapa bulan. Kini mengetahui masa subur untuk memperbesar peluang hamil tidak lagi sulit dilakukan.