Bisnis

Kenali Cara Pengajuan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

pinjaman jaminan sertifikat rumah
pinjaman jaminan sertifikat rumah

Pinjaman jaminan sertifikat rumah saat ini mungkin menjadi salah satu pilihan yang cukup banyak dilakukan. Tidak mengherankan memang, karena caranya yang mudah dan uang yang cepat cair, maka banyak orang yang melakukannya. Namun, tahukah Anda apa saja hal-hal yang perlu dipersiapkan ketika berniat melakukan pinjaman jaminan sertifikat rumah?

Ini Dia, Langkah Mudah Melakukan Pinjaman Sertifikat Rumah yang Terbaik

pinjaman jaminan sertifikat rumah
pinjaman jaminan sertifikat rumah

1. Kriteria Fisik Rumah

Rumah yang memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai jaminan saat melakukan pinjaman jaminan sertifikat rumah adalah rumah yang mudah di jangkau atau terletak di tempat yang strategis. Rumah yang letaknya strategis biasanya akan lebih mudah diterima karena diminati oleh banyak orang. Selain itu, hal lain yang harus diperhatikan adalah kondisi rumah yang layak huni. Selanjutnya, rumah harus bebas sengketa dengan pihak manapun.

2. Berkas yang Melekat pada Rumah

Sebelum mengajukan pinjaman dana, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa rumah yang akan digunakan yaitu rumah yang memiliki sertifikat yang dapat dijaminkan. Selain itu perlu dipersiapkan juga berkas PBB (pajak bumi dan bangunan) selama 2 tahun terakhir. Dan terakhir pastikan bahwa data-data yang diberikan adalah data asli, bukan data palsu.

3. Berkas yang Disiapkan Oleh Individu

Nah, selain berkas yang melekat pada rumah, ada juga berkas yang harus disiapkan individu atau orang yang bersangkutan ketika akan melakukan pinjaman dengan menggunakan sertifikat rumah sebagai jaminan. Berkas tersebut yaitu fotokopi KTP suami dan istri (orang yang berkaitan), kemudian fotokopi dokumen Kartu Keluarga, akta nikah (jika sudah menikah), NPWP, kemudian print out buku tabungan atau rekening tabungan. Selain itu, sebagai berkas pelengkap diperlukan juga SKU/SIUP/TDP (namun ini khusus untuk calon nasabah yang memiliki usaha atau bisnis saja).

Itulah beberapa hal yang perlu dipersiapkan ketika akan melakukan pinjaman jaminan sertifikat rumah. Jangan sampai ada yang tertinggal ya, karena jika persyaratannya kurang lengkap, maka akan menghambat proses peminjaman atau pencairan uangnya. Jangan lupa jadi nasabah yang cerdas dalam memilih dan mempersiapkan persyaratan pinjamannya ya!