Bisnis

Peran Sistem Pembayaran Online Apartemen

Sistem Pembayaran Online Apartemen / Apartment
Sistem Pembayaran Online Apartemen / Apartment

Dalam prosesnya, bisnis di bidang properti seperti apartemen dan perumahan tidak hanya membutuhkan sistem yang memudahkan mereka dalam melakukan marketing maupun melakukan pemesanan unit. Pihak pengembang juga butuh Sistem Pembayaran Online Apartemen / Apartment. Terlebih lagi jika mengingat apartemen menggunakan sistem cicilan per bulan dengan jangka waktu yang tidak pendek.

Dengan adanya sistem pembayaran online ini, tidak hanya memudahkan bagi pihak pengembang tapi juga memudahkan bagi para penghuni apartemen. Untuk lebih jelasnya, berikut akan diuraikan mengenai peran sistem pembayaran online untuk kepemilikan apartemen bagi pihak pengembang dan penghuni apartemen.

Bagi Pihak Pengembang

1. Mengirimkan tagihan kepada pembeli atau konsumen

Penghuni apartemen mayoritas adalah para eksekutif perusahaan yang memiliki jadwal kerja yang padat. Bisa jadi mereka jarang sekali terlihat berada di dalam apartemen. Padahal anda butuh memberikan tagihan pembayaran apartemen kepada para penghuni tersebut. Jika anda menggunakan sistem pembayaran online, anda tidak perlu lagi khawatir lagi dengan hal ini.

Tagihan bulanan apartemen bisa dikirimkan secara online melalui email kepada para penghuni apartemen. Pemberitahuan ini bisa dikirimkan secara otomatis kepada seluruh penghuni apartemen. Jadi, anda sebagai pihak pengembang tidak perlu lagi mengingatkan penghuni satu per satu terkait tagihan pembayaran apartemen.

2. Menerima pembayaran secara online

Selain mengirimkan tagihan dengan menggunakan sistem pembayaran online apartemen / apartment, pihak pengembang juga bisa menerima pembayaran secara online dari para penghuni apartemen. Pihak pengembang perlu memilih layanan payment gateway untuk bisa menggunakan sistem ini. 

Salah satu contohnya adalah Faspay Billing, yaitu produk dari Faspay Payment Gateway yang memungkinkan anda tidak hanya membuat tagihan online, tapi juga bisa menerima pembayaran online.

Setelah penghuni apartemen mentransfer sejumlah dana sesuai tagihan, dana akan diteruskan kepada pihak pengembang secara real time. Dana bisa diterima pihak pengembang sejak H+0 hingga H+3, tergantung metode pembayaran yang digunakan oleh penghuni apartemen. 

3. Memantau seluruh tagihan dan status pembayaran

Sistem pembayaran online ini juga memungkinkan pihak pengembang selaku merchant partner memantau seluruh tagihan dan status pembayaran apartemen. Satu gedung apartemen terdiri dari banyak unit yang dibayar dengan cara dicicil per bulan. dengan sistem ini, pihak pengembang bisa lebih mudah mengawasi status pembayaran tiap-tiap unit apartemen.

Bagi Penghuni Apartemen

4. Menerima tagihan secara online

Para penghuni apartemen akan menerima tagihan yang dikirimkan ke alamat email mereka setiap bulannya. Dengan adanya tagihan ini, penghuni apartemen tidak perlu lagi repot-repot mengingat nominal pembayaran apartemen setiap bulannya karena informasi tersebut sudah ada di dalam tagihan online ini.

Tagihan akan dikirimkan oleh pihak pengembang kepada para penghuni apartemen. Kemudian para penghuni apartemen memiliki kewajiban untuk membayar tagihan tersebut.

5. Dapat melakukan pembayaran apartemen secara online

Setelah mendapat tagihan, penghuni apartemen wajib membayar sesuai dengan nominal yang tertera dalam tagihan. Dengan sistem pembayaran online apartemen / apartment, memungkinkan para penghuni apartemen melakukan pembayaran secara online. Penghuni apartemen bisa memilih salah satu dari banyak metode pembayaran yang tersedia.

Masih mengambil contoh dari produk Faspay Billing. Melalui layanan tersebut, penghuni apartemen bisa melakukan pembayaran melalui berbagai metode yang tersedia, mulai dari internet banking, mobile banking, retail payment, virtual account, e-money, credit card hingga online credit. 

Demikianlah uraian mengenai peran sistem pembayaran online apartemen / apartment. Dengan segala kemudahan yang dimiliki, tentu saja sistem ini butuh dimiliki dan diaplikasikan oleh seluruh pengembang apartemen dan perumahan yang ada di Indonesia.