Kesehatan

Perkembangan Usia Janin Dalam Kandungan

usia janin
usia janin

Ketika mengetahui kehamilan tentu Bunda merasa senang sekaligus cemas, sebab banyak hal terjadi begitu cepat. Setiap ibu memiliki kisah tersendiri dalam menjalani kehamilan, ada yang biasa saja, ada pula yang kepayahan karena mual dan lainnya. Kali ini, Bidan Sela akan memberikan gambaran janin dalam kandungan Bunda mulai dari trimester pertama hingga ketiga. 

Perkembangan bayi berjalan dengan amat cepat, bahkan penelitian mengungkapkan bayi sudah belajar banyak hal di dalam kandungan. Mungkin pada trimester pertama, Bunda belum merasakan apa-apa di dalam perut.  Namun mual dan indikasi lain yang Bunda alami adalah tanda bahwa ia tumbuh dengan baik.

Berikut ini perkembangan di dalam kandungan sesuai usia janin

1. Trimester 1

Di trimester pertama, atau 0 sampai dengan 12 minggu, perkembangan janin hanya dapat dilihat secara morfologi. Pada periode ini dokter akan memprediksi perkembangan janin setelah lahir dari munculnya tanda penebalan di kulit tengkuk. Jika ketebalan melebihi rata-rata, dicurigai adanya kelainan pada kromosom. Biasanya di masa ini dokter akan menganjurkan Bunda untuk tidak beraktivitas berat dan menjaga asupan makanan. 

2. Trimester 2

Tahap kedua ini janin berusia 14 sampai 22 minggu, pembentukan organ lengkap sudah terjadi. Biasanya mual dan muntah sudah jauh berkurang dari sebelumnya, Bunda bisa melakukan USG (Ultrasonografi) untuk melihat perkembangan bayi. 

Dokter akan memperhatikan perkembangan organ seperti struktur kepala, otak, jantung, dan anggota gerak. Dari hasil evaluasi ini akan menentukan pemeriksaan di trimester ketiga kelak, Bun. Jika ada kelainan, dokter akan segera menangani masalah sebelum bayi lahir. 

3. Trimester 3

Di periode ini perut Bunda akan terasa semakin berat dan besar, sudah terasa gerakan janin yang sering membuat terbangun di malam hari. Menjelang bulan kelahiran, janin sudah masuk ke panggul, itu sebabnya Bunda lebih sering buang air kecil. Perhatikan gerakannya ya Bun, jika semakin jarang sebaiknya lakukan konsultasi dengan bidan atau dokter. 

Itulah gambaran yang terjadi di dalam kandungan Bunda, pastikan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan perkembangannya ya. Ibu yang sehat dan bahagia akan berpengaruh terhadap proses belajar dan pertumbuhan janin. Semoga bermanfaat.