Kesehatan

Manfaat Mengetahui Suhu Basal Tubuh

suhu basal tubuh
suhu basal tubuh

Bagi seorang wanita ada banyak cara untuk mengetahui suhu basal tubuh. Pengukuran ini dilakukan untuk mengetahui kehamilan dan fase subur Anda. Seiring kemajuan zaman dan kecanggihan teknologi, untuk mengetahuinya Anda bisa melakukan dengan mudah dan ekonomis. Salah satu caranya dengan menggunakan termometer.

Anda bisa menggunakan alat ini dengan Indikator cara menghitungnya yaitu misalnya suhu tubuh harian Anda 34 derajat celcius ketika suhu basal tubuh naik karena ovulasi, maka suhu tubuh bisa menjadi 34,6 derajat celcius. Perlu Anda ketahui, ovulasi akan terjadi pada hari sebelum kenaikan suhu tubuh.

Selain untuk mengetahui kapan kondisi subur Anda, suhu basal tubuh juga memiliki manfaat lain yang bisa Anda manfaatkan. Berikut adalah manfaat lain dari suhu basal tubuh:

  1. Menambah pengetahuan dan kesadaran Anda dan pasangan mengenai masa subur sehingga Anda bisa memprediksi atau menyiapkan masa kehamilan.
  2. Bagi wanita yang mengalami siklus haid tidak teratur dapat lebih mudah mendeteksi masa subur.
  3. Pengukuran suhu basal juga dapat digunakan sebagai alat kontrasepsi ataupun meningkatkan kesempatan untuk hamil.
  4. Dengan pengukuran suhu basal juga bisa mengetahui perubahan lendir serviks pada saat mengalami masa subur.

Empat hal tersebut di atas adalah manfaat yang bisa Anda maksimalkan dalam melakukan pengukuran suhu basal tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus melakukannya dengan konsisten tanpa ada yang terlewatkan.

Jam yang Anda tentukan juga harus sama dalam tiap harinya dalam sebulan agar mendapatkan hasil yang akurat. Anda harus memperhatikan gaya hidup Anda, makanan apa yang Anda konsumsi dan pola tidur yang benar. Semuanya harus baik dan benar. Jika tidak, hasil yang Anda peroleh bisa saja meleset atau gagal.

Namun sekarang, Anda tidak perlu khawatir. Anda tetap bisa melakukan pengecekan apakah Anda hamil atau tidak, apakah Anda dalam masa subur atau tidak dengan menggunakan alat tes kesuburan dari Femometer. Femometer menyediakan berbagai alat yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.