Bisnis

Sejarah Singkat Perusahaan PT. Parna Raya

PT. Parna Raya
PT. Parna Raya

PT. Parna Raya atau Parna Raya Group adalah perusahaan yang mengawali bisnisnya dalam bidang transportasi darat. Perusahaan ini telah berdiri sejak 1972, dan didirikan oleh Marihad Simon Simbolon. Beliau adalah pengusaha muda pada zamannya. Di balik kesuksesan perusahaan tersebut, ternyata Parna Raya Group yang ia dirikan diawali hanya dengan 1 unit truk saja. Pada saat itu, kendaraan niaga tersebut digunakan untuk mengangkut barang dari kapal di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Mengawali bisnis dengan 1 unit truk, perlahan namun pasti, PT Parna Raya kemudian berhasil tumbuh dan berkembang hingga memiliki 125 unit trailer dan tronton. Parna Raya pun kemudian memberikan berbagai layanan di bidang jasa angkutan dan logistik lainnya yang tak kalah penting, dan tersebar di beberapa kota besar, di Indonesia.

Related image

Sukses di bidang layanan transportasi tidak menjadikan Bapak Marihad, selaku pendiri, merasa puas. Perusahaannya pun semakin besar dengan membidik berbagai jenis usaha lainnya yang masih sama dalam layanan transportasi. Parna Raya Group pun kemudian memperluas jaringan bisnisnya dengan menginvestasikan uangnya untuk membeli kapal laut sebagai armada badru mereka. Kehadiran kapal tersebut, menjadi suatu perkembangan bagi Parna Raya. Dengan begitu, layanan transportasinya tidak hanya darat saja, tapi mencakup juga lautan.

Layanan transportasi laut dan daratnya, memberikan manfaat besar untuk laju pertumbuhan ekonomi bangsa. Perusahaan yang didirikan oleh Marihad Simbolon, atau yang akrab disapa Pak Sim ini, kemudian menjadi perusahaan logistik maupun hasil industri BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang sukses di Indonesia.

Sukses di bidang transportasi, Parna Raya Group kemudian berhasil mendirikan beberapa anak perusahaan di berbagai daerah. Hingga saat ini, PT. Parna Raya memiliki 5 pilar bisnis, yaitu bisnis dalam bidang energi, investasi, petrokimia, infrastruktur migas dan logistik.

Itulah sejarah singkat perusahaan Parna Raya Group yang berawal dari bisnis layanan transportasi. Pak Sim adalah pengusaha muda yang selalu memiliki ide-ide brilian, dan mampu membidik peluang usaha yang potensial. Perjuangan yang beliau lakukan demi mengembangkan Parna Raya Group, dapat kita jadikan sebagai kisah yang inspiratif.