Bisnis

Pemasaran yang Efektif untuk Bisnis UKM

UKM
UKM

Mengingat tingkat pertumbuhan ekonomi yang terjadi di Indonesia semakin tinggi makan membuat potensi suatu perusahaan membuat bisnis atau usaha kecil menengah yang biasa sering disebut dengan ukm. Bisa dilihat bahwa usaha kecil menengah masih kurang dalam hal pemasaran dimana aktivitas pemasarannya masih cenderung spontan yang berarti apa adanya dan tidak terarah. Hal ini bisa saja terjadi karena usaha kecil menengan kurang memperhatikan strategi pemasaran. Strategi pemasaran usaha kecil tentu berbeda dengan strategi pemasaran usaha besar yang mana usaha kecil hanya mempunyai modal yang relatif kecil. Dengan modal yang terbatas seharusnya suatu usaha kecil harus mampu menemukan cara yang kreatif dan efektif untuk memasarkan suatu produk atau jasa yang ditawarkan dengan biaya pemasaran yang rendah.

UKM
UKM

Berikut ada beberapa langkah strategi pemasaran yang sangat sederhana dan efektif untuk bisnis ukm. Pertama, membuat produk yang mempunyai keistimewaan tersendiri dari produk lain. Anda harus membuat produk yang unik sehingga mampu bersaing dengan produk lainnya. Jadi, anda harus berinovasi untuk membuat produk terbaru yang mempunyai kelebihan dibandingkan dengan produk lain. Selain itu, anda juga harus bisa membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Kedua, mempunyai pelanggan tetap dan pelanggan baru dimana pelangganlah yang akan membeli produk kita. Pelanggan juga merupakan media promosi mulut ke mulut kepada orang terdekat mereka. Mengingat pentingnya pelanggan dalam lancarnya usaha kita maka kita harus melayani pelanggan dengan keramahan dan keistimewaan.

Strategi pemasaran bisnis ukm yang ketiga adalah melakukan publikasi terhadap produk kita di tempat-tempat umum. Kita bisa memilih mini display untuk memamerkan sekaligus promosi produk yang kita jual. Strategi keempat adalah memanfaatkan e-commerce atau internet marketing. E-commerce merupakan sarana promosi produk dengan melalui internet. Dengan menginginkan e-commerce, suatu bisnis bisa dikenal secara luas. Dengan hal ini maka kita bisa mempromosikan atau mengenalkan produk kita kepada konsumen di berbagai daerah bahkan di luar negeri. Dalam hal pemasaran, bisnis kecil selalu terhalang oleh modal yang kecil sehingga Danamon muncul sebagai solusi bagi perusahaan yang membutuhkan modal untuk usahanya.