Kesehatan

Yuk, Atur Asupan Gula Si Kecil dengan Cara Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat
Pola hidup sehat

Pola hidup sehat yang dibiasakan sejak kecil, akan menjadi kebiasaan hingga dewasa. Tentu bagus sekali kan, saat ananda terbiasa dengan gaya hidup sehat.  Salah satu asupan yang perlu dibatasi adalah gula. Menurut standar WHO, kebutuhan maksimal gula (untuk diet 2000 kal) adalah sekitar 50 gram atau sekitar 10% saja. Sedangkan Depkes RI memberi rekomendasi asupan gula berdasarkan batas umur anak.

<2 tahun : tidak perlu tambahan gula pada makanan
2-3 tahun : 2-5 sendok teh
4-6 tahun : 2,5-6 sendok teh
7-12 tahun : 4-8 sendok teh
>13 tahun : 5-9 sendok teh.

Membatasi gula pada anak-anak memang susah-susah gampang. Berhubung rasa manis memang disukai kebanyakan anak. Padahal langkah ini efektif pola hidup sehat untuk mencegah penyakit degeneratif. Namun ada beberapa cara untuk itu, Di antaranya:

Pola hidup sehat

Perluas pengetahuannya tentang rasa dengan mengenalkan berbagai jenis rasa makanan. Anda bisa menambahkan spekuk pada cake buatan Anda, mengganti madu sebagai pemanis alternatif, atau mengenalkan rasa manis alami dari buah-buahan. Jeli saat membeli produk makanan.  ‘Gula’ bisa ditulis dalam berbagai nama pada label makanan; dekstrosa, sukrosa, fruktosa, glukosa, dll. Perhatikan jumlah takaran gula dan kalori dalam makanan sebelum Anda membelinya.

Imbangi dengan zat gizi lain seperti protein dan serat, agar pelepasan gula ke dalam tubuh menjadi lebih lambat dan anak menjadi kenyang lebih lama. Tetapkan waktu makan cemilan manis sesudah makan besar. Tujuannya supaya anak sudah kenyang sebelum menyantap snack mereka. Dengan begitu jumlah cemilan yang masuk juga bisa dibatasi.

Biasakan anak memakan sarapan berupa buah-buahan dan meminum air putih saat haus. Pilihan ini lebih baik dibandingkan cemilan  manis tinggi gula dan kalori atau soda dan minuman manis lainnya. Konsistensi. Menerapkan pola hidup sehat perlu konsistensi dan contoh nyata dari orang tua. Karena pola terbentuk dari kebiasaan.

Tidak ada ruginya mengenalkan pola hidup sehat pada anak sejak dini. Hal ini akan berdampak pada kesehatan ananda di masa kini dan saat dewasa nanti.