resep

Kue Cake Lapis Kacang Tradisional Maluku Utara

kue tradisional indonesia
Kue tradisional indonesia

Sebagai negara yang kaya akan berbagai budaya di setiap daerahnya, Indonesia sangat kaya akan berbagai macam makanan tradisional seperti kue-kue yang memiliki rasa manis yang khas untuk setiap daerahnya. Termasuk untuk kue tradisional Indonesia yang berasal dari Maluku Utara khususnya dari daerha Tidore. Disini anda bisa mendapatkan kue Cake Lapis Kacang yang rasanya manis dilidah dan renyah.

Anda yang penasaran dengan kue tradisional Indonesia ini jangan khawatir juga karena untuk bisa mencicipinya tidak perlu jauh-jauh datang ke Maluku. Anda bisa langsung membuatnya di rumah dengan berbagai bahan yang mudah didapatkan, namun usahakan dengan menggunakan bahan terbaik seperti bahan gulanya dari merk Gulaku yang bisa membuat rasanya lebih berbeda dari gula biasa. Selain itu proses membuatnya juga cukup mudah sehingga setiap orang pasti bisa membuatnya.

Kue tradisional indonesia
                                       Kue tradisional indonesia

Untuk lebih jelasnya berikut ini cara membuatnya.

  1. Tepung terigu 1/3 kg
  2. Telur 5 butir
  3. Gula pasir Gulaky 1/3 kg
  4. Gula jawa (Gula merah) 1 buah
  5. Vanili 2 bungkus kecil
  6. Kacang tanah ½ kg (bisa juga dengan kacang mete atau yang lainnya)
  7. Kayu manis secukupnya
  8. Puder secukupnya
  9. Margarin secukupnya

Untuk membuatnya pertama-tama campurkn bahan-bahan seperti gula pasir, telur, puder, vanili, dan juga kayu manis dalam wadah yang telah dipersiapkan lalu aduk-aduk sampai tercampur dan mengembang. Kemudian tuangkan juga 1/3 kg tepung terigu dalam adonan dan aduk-aduk kembali sampai tercampur rata.

Adoanan yang sudah siap dan tercampur rata kemudian tuangkan dalam cetakan yang sebelumnya telah diolesi dengan margarin. Panggang kue dalam api sedang sampai benar-benar matang. Setelah itu angkat dan keluarkan, biarkan terlebih dahulu sampai dingin baru setelah itu potong-potong sesuai selera dan sajikan bersama keluarga tercinta. Resep kue yang mudah untuk dibuat dan sangat cocok disajikan bersama keluarga sebagai teman saat kumpul bersama atau dijadikan jamuan untuk tamu yang berkunjung ke rumah.