Ibu & Anak Makanan

Alternatif Lain Ketika Si Kecil Alergi Susu Sapi

manfaat susu
manfaat susu

Susu memang menjadi pilihan banyak ibu untuk menjadi makanan penunjang tumbuh kembang mereka. Selain dari itu, susu memang digemari oleh para anak, terutama susu dengan varian rasa yang lezat. Seperti rasa cokelat, vanilla, stoberi dan rasa buah lainnya.

Sebagian besar, susu olahan yang telah dikemas dan dipasarkan, merupakan susu sapi. Karena memang seperti yang kita tahu, susu sapi mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun sayangnya, susu sapi memicu alergi pada anak.

Terutama bagi mereka yang telah memiliki riwayat alergi sebelumnya. Beberapa ciri anak mengalami alergi susu sapi diantaranya mengalami gatal-gatal, hidung berair, kulit kemerahan, diare dan masih banyak lagi. Sehingga manfaat susu itu sendiri kurang optimal bagi anak yang mengalami alergi.

manfaat susu
manfaat susu

Namun, tak perlu khawatir. Karena meskipun anak anda mengalami alergi susu sapi. Si kecil tetap dapat menikmati kelezatan susu dan memperoleh manfaatnya. Yakni dengan mengkonsumsi susu dari jenis lainnya. Susu apa saja? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Susu kedelai

Merupakan susu yang dibuat dari kacang kedelai, memiliki rasa yang juga khas namun untuk aroma tidak terlalu menyengat seperti susu sapi. Susu kedelai memiliki jumlah protein yang hampir sama seperti susu sapi, hanya saja kalori yang dikandungna jauh lebih rendah dari susu sapi. Apabila susu kedelai sulit didapat, anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan mudah.

2. Susu almond

Kacang almond memiliki kandungan lemak, sodium, protein. Dan dalam almond tidak terdapat kandungan kolesterol. Sehingga aman dikonsumsi bagi anak, dan orang dewasa yang memiliki riwayat tingginya kadar kolesterol. Dalam pemilihan susu almond, sebaiknya pilihlah yang kandungan gula di dalamnya sedikit, sehingga tidak membahayakan kesehatan.

3. Susu kambing

Susu kambing memiliki kandungan nutrisi yang lebih rendah dibanding susu sapi. Hanya saja, susu kambing pada beberapa kondisi dipilih untuk dikonsumsi sebagai pengganti susu sapi.

Nah, itulah beberapa jenis susu, selain susu sapi yang tetap dapat diberikan kepada si kecil untuk dieproleh manfaat susu itu sendiri.

About the author

Provitamon

Add Comment

Click here to post a comment