Kesehatan

Inilah Penyebab Dan Cara Mengatasi Rambut Berminyak

rambut berminyak
rambut berminyak

Penyebab rambut berminyak yaitu adanya sebum yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous pada kulit kepala. Sebum tersebut terdiri dari lemak dan juga sel-sel mati yang bisa menjaga keseimbangan kelembaban rambut agar bisa terhindar dari dehidrasi ataupun juga infeksi oleh bakteri. Sebum yang berlebihan bisa menyebabkan rambut kusam, kotor dan juga menyebabkan masalah rambut lainnya seperti rambut rontok, ketombe, gatal dan juga lepek.

Selain penyebab yang disebutkan tadi, terdapat beberapa penyebab lainnya dari rambut berminyak yaitu:

  1. Hormon yang tidak seimbang
  2. Stress
  3. Diet
  4. Faktor keturunan
  5. Produk perawatan rambut yang kurang cocok

Untuk mengatasi masalah rambut tersebut,maka anda bisa melakukan cara perawatan berikut ini yaitu:

  1. Gunakan produk shampo yang bisa mengurangi minyak yang berlebih. Produk shampo yang bisa dipilih yaitu rangkaian produk shampo dari Clear yang bisa menutrisi rambut dari akar agar bisa terhindar dari berbagai masalah rambut salah satunya rambut yang berminyak.
  2. Cucilah rambut 2 sampai 3 hari sekali. Dengan mencuci rambut secara teratur dan tidak terlalu sering bisa mengatasi rambut yang berminyak. Pencucian rambut yang terlalu sering bisa membuat rambut mengalami masalah rambut lainnya seperti kerontokan dan juga berketombe.
  3. Hindari penggunaan conditioner yang bisa membuat rambut yang berminyak lebih parah. Untuk itu untuk melindungi rambut agar tetap sehat, maka gantilah penggunaan conditioner dengan menggunakan vitamin.
  4. Gunakanlah masker rambut yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti dari buah pisang. Hal ini dikarenakan buah pisang mengandung antioksidan yang tinggi, vitamin dan juga mineral yang bisa menjaga kulit kepala dan juga rambut. Selain itu juga gunakan bahan alami lainnya seperti minyak pohon teh, air perasan lemon, kulit jeruk dan juga bahan-bahan lainnya.
  5. Hindari juga penggunaan alat alat elektonik seperti alat pelurus rambut yang bisa memicu produksi minyak yang berlebih pada rambut.
  6. Hindari juga mengusap rambut terlalu sering. Hal tersebut bisa berdampak buruk terhadap kesehatan rambut.

About the author

firman Suchau

Add Comment

Click here to post a comment