pendidikan

Faktor Penentu Kualitas Universitas

international university

Ada beberapa universitas di Indonesia yang meiliki kulaitas yang diakui dunia, salah satunya Universitas Indonesia. Kualitas suatu unversitas dilihat dari reputasi akademik, kualitas dosen dan staf pengajar, dan tradisi penelitiannya. Tantangan universitas – universitas di indonesia ini dengan meningkatkan mutu dari berbagai aspek yang bersifat fundamental. Beberapa faktor yang harus diperhatikan menjadi penentu kualitas suatu universitas yaitu :

  1. Perbaikan mutu pelayanan di berbagai aspek. Peningkatan mutu ini dalam rangka untuk meningkatkan kualitas dari suatu universitas. Peningkatan mutu pelayanan ini seperti perbaikan perpustakaan, pengembangan web univeversitas, pengembangan fasilitas untuk memenuhi potensi mahasiswa. Mutu pendidikan yang baik sangat mempengaruhi penilaian atau perengkingan universitas – universitas oleh kemendikristek. Banyaknya jurnal – jurnal yang di terbitkan menjadi modal besar untuk meningkatkan kualitas suatu universitas. Selain itu, adanya kelas internasional dan bekerja sama dengan universitas internasional menjadikan suatu universitas sebagai international university.
  2. Penataan menejemen kampus dengan kepemimpinan yang efektif dan efisien. Kualitas menejemen mempengaruhi kestabilan dan kemajuan suatu universitas. Menejemen akan berjalan dengan baik jika memiliki pemimpin sangat bijak menentukan suatu kebijakan kampus. Hal ini menjadi salah satu faktor penilaian kualitas universitas.
  3. Efektifitas pemberdayaan dan pengembangan sumber daya manusia yang di miliki oleh universitas mulai dari mahasiswa, staff akademik, atau dosen – dosen. Salah satu penilaian kualitas universitas dengan banyaknya penelitian yang dilakukan dan jurnal – jurnal yang terakreditasi dan yang di publish. Oleh sebab itu, universitas harus mendukung penuh penelitian – penelitian yang dilakukan baik oleh dosen atau oleh mahasiswa nya. Selain itu universitas dapat memberikan beasiswa terhadap mahasiswa yang memiliki potensi dan melakukan penelitian – penelitian. Hal itu bertujuan untuk memotivasi mahasiswa dalam belajar.
  4. Perbaikan sistem kelembanganaan yang bersifat fleksibel dengan perkembangan zamaN. Media internet menjadi faktor utama dalam meningkatkan kualitas. Karena website universitas sebagai alat untuk memperkenalkan universitas pada dunia dan juga untuk mempublish karya – karya dari civitas akademik.

Jika semua faktor – faktor di atas dapat dimaksimalkan oleh universitas, maka dapat mewujudkan international university dan juga dapat menjadi universitas terbaik seperti universitas indonesia (UI).

About the author

firman Suchau

Add Comment

Click here to post a comment