Ibu & Anak Kesehatan Umum

4 Cara Provitamon.com Agar Anak Mau Makan Nasi

Provitamon

Secara umum masalah makan sulit terjadi saat anak memasuki fase balita dan ini cukup membuat pusing orang tua untuk mencari solusi agar anak mau makan. Setelah benar-benar terpisah dari ASI dan mulai rutin mengonsumsi makanan padat, ia semakin terbiasa dengan berbagai jenis rasa makanan dan minuman. Pada tahap ini, anak mulai mengembangkan pilihan makanan, yang mampu memilih makanan yang ia sukai dan yang sebenarnya tidak ia sukai. Tak sedikit orang tua yang kemudian frustrasi dan bingung mencari cara mengatasi kesulitan makan pada diri anak.

Provitamon

Saat anak Anda terus menolak untuk menyantap makanan yang disajikan, biasanya suasananya seketika bisa berubah menjadi tegang. Kondisi seperti ini biasanya terjadi karenak anak anda merasa kesal karena ia selalu “dipaksa” untuk makan makanan yang tidak ia sukai. Sementara Anda khawatir ia akan kekurangan nutrisi karena pilih-pilih makanan. Bila seperti ini, aktivitas makan menjadi tidak menyenangkan lagi, maka dari itu anda harus menyimak artikel ini. Sehingga Anda akan menemukan cara agar anak mau makan.

Cara pertama adalah dengan tidak memaksa anak. Cara mengatasi anak susah makan dengan cara paksa biasanya banyak dicoba oleh orang tua. Namun, kenyataannya usaha ini terbukti tidak efektif. Bila anak Anda menolak untuk makan makanan yang ditawarkan, cobalah untuk tenang dan tidak memaksanya. Tanyakan mengapa dia tidak mau makan, lalu coba alternatif lain. Memaksa anak Anda untuk makan makanan yang tidak disukainya hanya akan meninggalkan kesan buruk tentang makanan di benaknya.

Kedua adalah lakukan pola makan yang teratur. Bentuk pola makan biasa sebagai salah satu cara untuk mengatasi sulitnya makan anak. Sajikan makanan dan camilan pada waktu yang sama setiap hari. Meski sesekali anak Anda menolak untuk makan makanan atau camilan yang Anda sajikan, dia akan mengerti bahwa setiap hari, kapanpun, akan ada makanan di atas meja. Dengan begitu, dia akan memberitahu Anda kapan dia lapar dan ingin makan. Anda bisa memintanya untuk memilih makanannya sendiri dari makanan yang tersedia di meja makan.

Cara ketiga adalah dengan cara memberi variasi pada menu. Biasanya,  pada usia anak-anak mudah sekali bosan terhadap sesuatu, termasuk dalam hal makanan. Karena itu, salah satu cara untuk mengatasi sulitnya makan anak adalah Anda harus lebih kreatif lagi dalam menyajikan menu untuk si kecil. Variasi menu makanan yang  bisa anda sajikan antara lain dengan menggabungkan rasa gurih dan manis di lauk atau sajian sayuran.

Kemudian cara agar anak mau makan nasi yang terakhir adalah dengan memberi anak Anda madu khusus. Sebagai contoh yakni madu provitamon, madu ini bisa memberi manfaat pada anak selain sebagai vitamin otak, penambah nafsu makan, tapi juga untuk menjaga daya tahan tubuh. Dengan mengikuti beberapa cara di atas, maka kita tidak perlu khawatir anak-anak mengalami kesulitan makan.

About the author

firman Suchau

Add Comment

Click here to post a comment