Ibu & Anak Kesehatan

Tips Cara Mendidik Anak Kita Dengan Baik

 

Dalam keluarga, peran seorang ibu ataupun ayah harus kooperatif saat menerapkan pola asuh anak. Pentingnya pola asuh terhadap anak sangat berpengaruh untuk bekal di masa depanya kelak. perkembangan karakter anak akan terlihat setelah orangtuanya berhasil menerapkan pola asuh yang baik. begitupun sebaliknya, jika penerapan pola asuh yang salah, hal buruk akan menimpa pada anak anda nantinya. berikut adalah cara mendidik anak dengan baik.

Sebagai orang tua janganlah berubah-ubah dalam pendirian agar anak tidak kebingungan dalam proses pembentukan karakter yang baik. Jadilah sosok orangtua yang di teladani oleh anak maupun anak orang lain. dengan contoh-contoh positif di kehidupan sehari-harinya.

pola asuh anakNantinya anak akan menghormati orangtuanya setelah beranjak dewasa dan akan menyayangi orangtua dan termasuk anggota keluarga orang lain. Kebutuhan anak juga harus disesuaikan dengan kondisi situasi.

Pola asuh anak balita tentunya berbeda dengan anak remaja pada umumnya. Usahakanlah anak memahami dengan apa yang kita inginkan tanpa unsur paksaan namun yang penting adalah kesadaran diri dari si anak.

Kedisiplinan harus tetap diutamakan dalam membimbing anak sejak dini sampai dewasa supaya anak dapat belajar menjadi pribadi yang mandiri dan dihargai oleh masyarakat. Hal kecil seperti bangun tidur yang tepat waktu, membantu orangtua, belajar itu adalah sebagian pengajaran kedisiplinan pada anak.

Tanamkanlah moral yang baik pada anak agar menjadi anak yang saleh agar memiliki sikap yang religius. Dengan begitu anak akan selalu mendoakan orangtua meskipun orangtuanya telah meninggal dunia,

Terbukalah pada anak dalam berkomunikasi secara menyenangkan tentunya dengan batasan-batasan agar anak terbiasa terbuka ketika ada hal yang ingin di sampaikan kepada orangtuanya. Jika ada perasaan marah, sebaiknya orangtua mengungkap kan dengan baik dan dipahami anak agar tidak menjadi tertutup dan menganggap orangtuanya tidak menyenangkan.

Hindarilah tindakan-tindakan negatif seperti memarahi anak, menjatuhkan mental anak, membodoh-bodohi anak apalagi tindak kekerasan pada anak.karenan tindakan tersebut sangat berpengaruh terhadap mental anak di masa depan kelak.

About the author

helni melisa

Add Comment

Click here to post a comment