pendidikan

Tips Mudah Menghafal Pelajaran Dalam Waktu Singkat

cara mudah menghafal
cara mudah menghafal

Bagi sebagian orang, menghafal bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Apalagi jika anda menghafal di waktu yang sempit untuk melaksanakan ujian, maka menghafal menjadi pekerjaan yang menyiksa. Bagi orang tua, anda bisa membantu tumbuh kembang otak anak dan membantu memikirkan cara mudah menghafal agar aktivitas menghafal ini menjadi sesuatu yang menyenangkan dan mudah untuk dilakukan kapanpun, meskipun hanya memiliki waktu yang singkat.

Sehingga anda akan menyaksikan buah hati mendapatkan hasil yang baik dari pelajaran di sekolahnya. Faktor makanan juga menjadi hal yang penting untuk meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat sesuatu. Selain itu, masih banyak cara lainnya yang bisa dilakukan untuk menghafal dengan mudah, seperti berikut ini.

  1. Cukup istirahat
    Selama ini, banyak anak lain yang mengalami kegagalan dalam ujian karena mereka memaksakan diri untuk menghafal di waktu yang sempit, yakni di malam hari sebelum ujian berlangsung. Memaksakan diri bukanlah sesuatu yang baik dan justru akan membuat hasil negatif karena tubuh kurang mendapatkan waktu untuk beristirahat. Dengan istirahat yang cukup, maka tubuh akan dapat menghasilkan ide-ide brilian dan tenaga yang segar. Oleh sebab itu, biasakan anak menghafal pelajaran secara rutin, sehingga saat tiba waktunya dilaksanakan ujian ia hanya perlu mematangkan beberapa hal yang dirasa masih kurang.
  2. Berkonsentrasi dan fokus
    Untuk memudahkan dalam menghafal, maka anda harus mengajarkan pada anak untuk berlatih konsentrasi dan mencoba menghafal setiap hari minimal selama 10 menit untuk menghafal materi pelajaran di sekolah. Saat menghafal, anda harus mengajarkan kepada buah hati untuk berkonsentrasi dan fokus tanpa terganggu dengan hal lain seperti gadget, tayangan televisi, dan lainnya.
  3. Dalami dan pahami sesuatu yang akan dihafal
    Jika anak harus menghafal sesuatu yang telah ia kuasai, maka menghafal hal tersebut bukanlah sesuatu yang sulit. Sebaliknya, jika akan tidak menguasai apa yang akan dihafal maka ia akan kesulitan. Oleh karenanya, anak harus mendalami dan memahami sesuatu yang akan dihafal, sehingga menghafalnya akan menjadi pekerjaan yang mudah.

Demikianlah tiga cara mudah menghafal yang bisa dipraktekan oleh anak, sehingga menghafal menjadi sesuatu yang menyenangkan.

About the author

firman Suchau

Add Comment

Click here to post a comment