Ibu & Anak

Metode Mengajarkan Anak Menulis

Ketika anak telah memasuki usia sekolah, tentunya kita sebagai orang tua harus dapat membimbing anak supaya ada kemauan untuk belajar menulis dan juga membaca. Hal seperti ini tentunya sangat penting sekali untuk dapat kita lakukan supaya anak akan merasaka siap ketika sudah memasuki usia sekolah. Namun untuk dapat mengajarkan anak sebelum sekolah untuk melakukan menulis bukkanlah perkara yang mudah.

Kita tentunya tidak dapat memaksakan kehendak kita terhadap anak, namun kita juga harus bisa melihat mood anak serta perkembangan terhadap anak itu sendiri. Namun kita juga tidak harus bingung, terdapat beberapa metode mengajarkan anak untuk bisa menulis, sehingga akan lebih menyenangkan dan anak juga akan lebih cepat untuk bisa terampil menulis.

Belajar menulis

Cara yang pertama yaitu kita dapat memilih materi yang menjadi pusat perhatian terhadap anak kita. Misalnya yaitu anak kita sangat menyukai dunia otomotif seperti halnya mobil. Maka kita harus bisa menyiapkan berbagai gambar yang bentuknya mobil. Kemudian kita bisa memberikan gambar tersebut terhadap anak kita dan kita harus meminta anak untuk dapat menebalkan gambar tersebut dengan cara menggunakan pensil.

Terkadang gambar dari mobil tersebut akan sedikit lebih rumit, oleh karena itu kita tidak boleh memaksanya. Jika anak kita tidak ingin melanjutkannya, kita dapat menunggunya sambil bercerita tentang dongeng yang tentunya harus berhubungan dengan mobil sehingga anak tersebut akan lebih bersemangat untuk belajar menulis lagi.

Setelah anak kita itu terampil di dalam menirukan berbagai macam bentuk. Langkah yang selanjutnya yaitu kita dapat mengenalkan huruf terhadap anak kita. Untuk dapat menarik mintalah terhadap anak kita di dalam belajar menulis. Kita dapat sambil mengenalkan berbagai macam bentuk.

Misalnya yaitu dengan cara menunjukan sebuah gambar kendaraan, kemudian dibawahnya terhadap tulisan dengan huruf yang kecil. Itulah beberapa cara belajar menulis untuk anak sebelum sekolah. Buatlah suasana belajar yang sangat menyenangkan, dengan cara mengambil sebuah prinsip sambil bermain dikarenakan pada dasarnya anak yang masih dibawah lima tahun merupakan masa-masa bermain.

About the author

firman Suchau

Add Comment

Click here to post a comment