Ibu & Anak Kesehatan

Melatih Anak Berbicara Dengan Tepat

cara mengajari anak bicara

Semua orang – tua tentunya menginginkan anaknya yang cerdas, pintar dan responsive termasuk pintar dalam berbicara. Salah satu factor yang menjadikan anak susah biacara tentunya lingkungan. Oleh karena itu, sebagai orang yang terlibat didalamnya, maka orangtua peran utama yang harus mendukung anak untuk supaya cepat tanggap dan pintar dalam berbicara. Oleh karena itu kenali cara mengajari anak bicara, karena jika tidak, maka anak anda akan mengalami keterlambatan dalam berbicaranya, berikan eksposur yang tepat untuk balita Anda dukung balita anda untuk selalu berkumpul bersama teman – teman sebayanya.

Dan buat ia lebih menyukai lingkunga atau suatu kegiatan yang membuatnya dapat cepat berinteraksi seperti bermain, belajar dan lain lain. Dengan begitu maka akan memberikan  kesempatan kepada ia untuk bisa belajar bahasa dari kelompok sebayanya termasuk lingkungannya.

cara mengajari anak bicara

Adapun peran orang tua dalam membantu melatih serta cara mengajari anak bicara dengan tepat adalah sebagai berikut.

  1. Hal yang harus diperhatikan adalah selalu memberikan respon dan tanggapan untuk setiap kali ocehan anak, selalu gunakan bahasa yang benar,dan tidak di cadel-cadelkan agar anak tidak meniru.
  2. Jangan menyalahkan apa yang dia katakana anak. Ulangi apa yang mereka sampaikan meskipun salah dengan kata yang benar dan berulang-ulang.
  3. Ajak ia bermain dengan mengenalkan bayi pada dirinya sendiri, misalnya menunjukan mana mata, hidung, telinga,dll termasuk rambut dan kakinya
  4. Jangan lupa untuk selalu mengenalkan nama – nama benda yang ada dilingkungannya  seperti kursi,lampu, dan lain sebagainya termasuk nama orang-orang di sekitarnya.
  5. Jangan lupa juga untuk selalu menceritakan kegiatan yang sedang kita lakukan, misalnya: memandikan bayi, membacakan cerita, membuat susu,dll.
  6. Putarkan lagu anak-anak sambil turut serta bernyanyi.lebih baik lagi jika kita ikut menari dan bergoyang-goyang sambil bertepuk tangan.

Itulah tips melatih anak berbicara dengan tepat serta suatu metode cara mengajari anak bicara yang memang harus selalu diperhatikan. Berikan ia susu dancow sebagai makanan yang mendukung tahap tumbuh kembangnya.

About the author

Hilma wati

Add Comment

Click here to post a comment