Kesehatan

Perkembangan Janin 8 Minggu

cara menghitung usia kehamilan dalam minggu
cara menghitung usia kehamilan dalam minggu

Kehamilan adalah suatu kondisi yang harus diperhatikan, apalagi kehamilan muda atau masa – masa ngidam. Biasanya sebagian ibu tidak mengenal bahwa dirinya sedang mengalami kehamilan, biasanya kondisi tersebut dialami ketika usia kehamilan 1-6 minggu, karena belum melewati masa haid atau menstruasi ditambah lagi tidak adanya gejala – gejala kehamilan.

Oleh karena itu, kenali kehamilan anda melalui tanggal lewat haid, misalnya anda mempunyai masa haid 28 hari maka hitungan mundur di kurangi 2 hari dengan perbedaan tanggal bulan kemarin. Sehingga dengan begitu dan setelah menyadari menstruasi anda terlewat bulan maka anda akan mengetahui bahwa anda sedang mengandung. suatu cara menghitung usia kehamilan dalam minggu 1 hingga minggu ke 8 tentunya harus dikenali perkembangannya. Oleh karena itu, berikut perkembangan janin 8 minggu atau usia kandungan 2 bulan.

  1. Masa kehamilan 8 minggu ini mengalami perkembangan di dalamnya yaitu embrio yang tadinya hanya sebesar kacang hijau atau hanya setitik hitam di dalam kantung kehamilan maka di usia kandungan 8 minggu akan berubah ukurannya menjadi lebih besar. Jika anda mengukurnya, panjang embrio tersebut mencapai hingga 25 mm sampai dengan 30 mm.
  2. Di tahap usia kandungan 8 minggu usia kehamilan anda si janin dalam kandungan sudah memiliki kepala yang membulat serta embrio yang sudah memiliki wajah polos dan juga wajah kekanak-kanakannya mulai muncul.
  3. Selain itu juga perkembangan janin dalam kandungan usia 8 minggu ditandai dengan embrio yang memiliki dahi kemudian tertarik dan pangkal hidung tertarik ke bagian dalam.
  4. Selain itu juga perkembangan janin dalam kandungan usia 8 minggu sudah ditandai dengan perkembangan pada bagian lengan dan kaki yang mana embrionya sudah terbagi, embrio sudah memiliki siku dan lengan serta kaki sudah terbagi bagian-bagiannya serta embrio lain sudah memiliki paha, kaki, lengan, tangan dan juga bahu.
  5. Selanjutnya perkembangan janin pada usia kehamilan 8 minggu sudah membentuk organ reproduksi pada embrio sehingga perkembangannya pun sudah terlihat.

Demikian perkembangan janin dalam kandungan di usia kehamilan 8 minggu atau 2 bulan sejak ditentukannya dari cara menghitung usia kehamilan dalam minggu baik secara manual maupun meenggunakan metode lain.

 

About the author

firman Suchau

Add Comment

Click here to post a comment