Kesehatan

Tahapan Perkembangan Janin Dalam Rahim

tahapan perkembangan janin dalam rahim
tahapan perkembangan janin dalam rahim

Menunggu kelahiran bayi dalam rahim ibu selalu menjadi hadiah terindah bagi setiap orang tua yang tidak sabar untuk bisa menimangnya, tapi Anda juga harus mengetahui proses perkembangan janin dalam rahim sampai bayi tersebut lahir ke dunia, untuk lebih jelasnya kita akan memaparkan tahapan perkembangannya dari bulan pertama sampai bulan ke sembilan.

  • Bulan pertama

Pada bulan pertama calon janin berukuran 0,08 inchi per 2 mm, di bulan pertama inilah tulang belakang, pembentukan otak, serta organ tubuh lainnya sudah mulai berkembang.

  • Bulan kedua

Di Minggu kelima atau bulan kedua sudah mulai terbentuk sistem saraf, pembentukan otak, kulit dan rambut serta tulang belakang. Di lain lapisan akan membentuk buah pinggang, jantung, organ reproduktif serta tulang lainnya dan sistem peredaran darah yang akan berfungsi dan terbentuk. Di bulan ini juga hati, usus, pankreas dan pundi kencing mulai tumbuh. Janin sudah mulai membentuk kepala, meskipun belum berkembang sempurna tubuh bayi sudah mulai terbentuk, telinga dan mata mulai membentuk, jantung sudah mulai berdetak.

  • Bulan ketiga

Tangan, kaki dan telinga bagian luar sudah mulai terbentuk, janin pun sudah mulai bergerak dan di minggu ke sembilan dan beratnya mencapai 4 gram, panjangnya sekitar 22-30 mm. Pertumbuhan otak semakin meningkat, sekitar 250.000 sel saraf sudah di produksi setiap menitnya, ukurannya mula bertambah dengan berat 7 gram dan panjang 32-43 mm. Di minggu ke sebelas,rambut, kaki dan kuku jari mulai tumbuh, panjang janin mencapai sekitar 6,5 cm. Di minggu ke dua belas beratnya mencapai 18 gram dan pnjang sekitar 6,5 cm,

  • Bulan ke empat

Plasenta mulai berkembang, janin sudah mencapai berat 19 gram dan panjang 76 mm. Kepala dan badan bayi sudah mulai membesar, beratnya mencapai 25 gram dan panjang 80-110 mm. Jantung sudah mulai berdetak, tulang mula berkembang, di akhir minggu ke 15 beratnya mencapai 49 gram dan panjang 13 mm. Di tahap inilah ibu akan merasakan gerakan pada janinnya.

  • Bulan kelima

Panjang bayi mencapai 12 cm dan berat 100 gram,mata bayi sudah mulai tumbuh, rambut kening, dan garis kulit dan sidik jari sudah terbentuk. Pertumbuhnnya semakin cepat, panjangnya mencapai 14 cm, berat mencapai 140 gram. Jutaan saraf motorik pada otak sudah terbentuk, beratnya juga bertambah menjadi 226 gram dan panjang hampir 16 cm. Di minggu ke 20 panjangnya mencapai 25 cm dan berat 340 gram.

  • Bulan keenam

Bayi sudah mulai bisa menelan dan menyerap gula yang dilanjutkan melalui sistem pencernaannya menuju usus besar, pembentukan organ kepala sudah mencapai proporsional, lemak semakin bertambah, banyak menggerakan otot jari, kaki dan lengannya, dan beratnya mencapai 450 gram. Kaki dan tangan mulai sempurna, panjangnya semakin bertambah di minggu ke 24 yaitu 32 cm dan berat 500 gram.

  • Bulan ketujuh

Bayi mulai cegukan, mulai menghirup dan mengeluarkan ketuban, tulang mulai mengeras, organ tubuh mulai mulai sempurna, beratnya sudah mencapai 650-670 gram dan panjang 34-37 cm. Bayi sudah mulai mengedip, pendengaran dan penglihatan mulai berfungsi, indra perasa mulai terbentuk, sudah bisa menghisap jari, dan beratnya mencapai 110 gram, panjang 25 cm.

  • Bulan kedelapan

Bayi sudah mulai merasakan sensitifitasnya, dari cahaya, gerakan, suara, rasa dan bau. Bobot bayi mencapai 1700 gram dan panjang 40 cm, otaknya mulai berkembang mencapai milyaran sel, jari tangan mulai sempurna, alis, mata, rambut bulu mata sudah mulai jelas.

  • Bulan kesembilan

Bayi sudah menyerupai ibu dan ayahnya, bayi sudah mulai berbalik posisi berada di pintu rahim, pendengaran bayi mulai sempurna, beratnya mencapai 2700-2800 gram, dan panjang 48-49 cm. Dan bayi siap untuk dilahirkan.

Itulah beberapa tahapan perkembangan janin dalam rahim ibu dari bulan pertama sampai bulan kesembilan. Semoga bermanfaat!.

About the author

firman Suchau

Add Comment

Click here to post a comment