Ibu & Anak Kesehatan

4 Tips Mudah Menjaga Kehamilan Agar Tetap Sehat

menjaga kehamilan

Saat mengetahui akan kehamilan dirinya maka sudah sewajarnya sebagai seorang calon ibu mengetahui akan apa saja yang penting dilakukan untuk bisa menjaga kehamilan supaya bisa tetap sehat. Apalagi dengan berbagai perubahan baik secara fisik dan mental yang ada pada ibu hamil bisa membuatnya mudah emosi dan yang lainnya. Jika hal ini terus dibiarkan maka resiko bayi yang lahir mengalami gangguan akan lebih besar.

Untuk menjaga kehamilan pada janin dalam perut ibu maka sebagai tanggapan yang baik ada beberapa tips yang bisa dilakukan supaya kesehatan janin tetap terjaga. Berikut 4 tips yang bisa dilakukan untuk ibu hamil menjaga kehamilannya.

  1. Kendalikan emosi. Saat hamil berbagai keadaan seperti kelelahan, kecemasan, keadaan finansial dan yang lainnya bisa menjadi pemicu mudah emosinya seorang ibu. Emosi yang dialami ibu hamil terkadang juga mengalami naik turun, dari hal itu pengendalian emosi penting dilakukan jangan sampai emosi yang tidak terkendali justru menyebabkan stress.
  2. Kenali tanda-tanda bahaya kehamilan.  Berbagai tanda kehamilan yang membahayakan janin juga wajib ibu ketahui demi menjaga kehamilan. Berbagai tanda seperti adanya pendarahan atau keluar cairan pada vagina bisa menjadi tanda-tanda yang harus diketahui apa penyebabnya. Selain itu adanya gejala seperti mual dan muntah juga akan dialami ibu hamil. Mengetahui penyebab dan cara mengatasinya akan sangat penting untuk dilakukan.
  3. Pererat hubungan dengan pasangan. Hubungan dengan suami saat anda hamil usahakan di tingkatkan, ungkapan berbagai perasaan, permasalahan, dan juga harapan anda kepada pasangan. Dengan begitu hubungan yang terjalin dengan pasangan akan semakin terjalin erat.
  4. Atasi berbagai keluhan pada fisik. Dengan semakin bertambahnya usia janin dalam kandungan maka akan ada berbagai perubahan pada fisik ibu. Perubahan-perubahan tersebut misalnya sering buang air besar, nyeri pada payudara, sering muntah, pusing, dan yang lainnya. Jika berbagai perubahan tersebut tidak bisa diatasi dengan baik maka bisa terjadi hal yang kurang baik pada kesehatan ibu dan juga janin. Untuk itu segera berkonsultasi ke dokter kandungan bisa memberikan anda solusi atas keluhan yang terjadi.

About the author

helni melisa

Add Comment

Click here to post a comment