Edukasi

Universitas Terbaik Di Indonesia Perguruan Tinggi Lintas Sejarah

universitas terbaik di indonesia

Perguruan tinggi menjadi wahana bagi para kaum muda menyalurkan idealisme dan menggodok dirinya dalam kawah ilmu pengetahuan bekal bagi masa depan. Universitas terbaik di Indonesia menjadi tempat penggemblengan tersebut, salah satunya yang memberikan kontribusi besar bagi Indonesia sejak sebelum kemerdekaan adalah universitas Indonesia.

Lintasan sejarah universitas Indonesia menggambarkan bahwa perguruan yang berdiri sejak 1849 ini memberikan kontribusi pada perjalanan sejarah bangsa. Hal ini dapat di lihat saat alumni STOVIA, sekolah dokter jawa yang merupakan cikal bakal UI mendirikan Budi Utomo yang di klaim kemudian  sebagai organisasi  pergerakan nasional pertama dengan tokoh dr. Sutomo.

universitas terbaik di indonesiaPerkembangan  selanjutnya nama berganti-ganti hingga pada masa awal kemerdekaan berubah menjadi Universitas Indonesia. Rektor pertamanya Tjokroadisoerio, kemudian menjadi menteri Keuangan zaman demokrasi Liberal di Indonesia bertugas di Universitas Indonesia sejak 2 Februari 1950.dimana para guru besar UI menjadi menteri dipercaya untuk membangun ekonomi bangsa, dan memulihkan keadaan ekonomi, memberikan kontribusi bagi upaya kemakmuran bangsa.

Universitas terbaik di Indonesia ini berlambang kala-makara berwarna dasar kuning dan secara keseluruhan melambangkan pohon ilmu pengetahuan. Setiap fakultas memiliki warna berbeda, dan panji yang digunakan bergambar kapak diambil dari zaman perunggu melambangkan masyarakat yang dinamis dengan logo makara UI di tengah seperti matahari melambangkan pelopor ilmu pengetahuan.

Universitas Indonesia sebagai universitas terbaik di Indonesia memiliki 14 fakultas dan 2 program, dengan kampus di Salemba dan Depok, fasilitas yang diberikan lengkap dari mulai perpustakaan yang memiliki slogan ”crystal of knowledge” dengan fasilitas pendukung yang lengkap dari tempat ibadah, coffe shop, mini market hingga pusat fotocopy. Asrama yang disediakan untuk mahasiswa ada dua asrama yakni asrama Depok dan asrama Wismarini dapat menampung ratusan mahasiswa.

Fasilitas lain adalah balai pertemuan yang mampu menampung sekitar 300an orang dan digunakan untuk seminar, rapat dan lain-lain. Fasilitas dan sarana olah raga seperti stadion sepak bola, atletik lapangan indoor dan outdoor. Pusat kesehatan tersedia dan alat transportasi berupa bus kampus yang siap membawa mahasiswa dari di dalam kampus dengan rute merah dan birunya. Fasilitas UKM (unit kegiatan mahasiswa) juga lengkap, mahasiswa hanya tinggal memilih bergabung dengan unit yang mana.

 

About the author

firman Suchau

Add Comment

Click here to post a comment