Ibu & Anak Kesehatan Tips

Tips Sederhana Bagi Ibu Hamil dalam Mempersiapkan Kelahiran Anak Pertama

persiapan melahirkan normal

Dikaruniai anak pertama merupakan salah satu hal yang sangat membahagiakan bagi setiap pasangan yang baru menikah atau bagi setiap pasangan yang sudah lama menikah.

Hal ini tentunya merupakan hadiah yang paling berharga bagi Tuhan yang perlu disyukuri. Bagi setiap ibu hamil, tentunya wajib untuk mengetahui persiapan melahirkan normal dan jauh-jauh hari perlu dipersiapkan agar pada nanti waktunya tiba setiap ibu akan lebih nyaman dalam melakukan persiapan.

Lalu persiapan apa sajakah yang perlu anda ketahui dari masa-masa kehamilan sebagai persiapan nanti waktu bersalin ? Simak berikut pemaparannya.

1 . Lakukanlah pengecekan kandungan secara rutin pada dokter maupun bidang.

Hal ini mampu memberikan anda banyak sekali manfaat yang sangat besar. Beberapa manfaat tersebut diantaranya seperti mampu memberikan perawatan pada anda dan si kecil yang ada dalam kandungan, mengetahui metode persalinan jenis apa yang akan dilakukan nanti, jika kandungan sehat maka metode yang akan dilakukan merupakan metode yang normal. Selain itu masih ada beberapa kelebihan lainnya yang bisa anda jadikan sebagai manfaat yang besar untuk dapat melakukan persiapan melahirkan normal. Saat ini ada banyak dokter kandungan di berbagai tempat untuk dapat melakukan perawatan atau pengecekan secara rutin.

2 . Penting juga bagi setiap ibu hamil untuk dapat mengetahui metode IMD untuk ibu yang baru melahirkan.

IMD adalah metode meletakan bayi di atas perut ibu yang baru melahirkan. Selanjutnya, bayi akan mencari sendiri puting payudara dari si ibu untuk mengisap ASI. Proses IMD ini biasanya dilakukan selama satu jam. Akan tetapi setiap Rumah Sakit memiliki kebijakan yang berbeda mengenai hal tersebut jadi usahakanlah untuk mengetahuinya terlebih dahulu agar anda bisa menemukan Rumah Sakit yang tepat. Ada banyak manfaat IMD yang bisa anda dapatkan maupun untuk si kecil. Selain itu, persiapkan juga diri anda dengan mengetahui cara menyusui bayi yang tepat khususnya bayi yang baru terlahir.

Kedua persiapan di atas perlu anda jadikan sebagai perhatian karena kesehatan ibu maupun bayi pada saat proses melahirkan perlu untuk dijaga.

Sebelum masa-masa akhir kehamilan, anda pun wajib untuk melakukan konsultasi dengan para ahli maupun bidan agar masa kehamilan anda sehat sehingga bisa melahirkan melalui metode yang normal. Semoga artikel ini bisa anda jadikan sebagai informasi khususnya bagi anda yang saat ini tengah dalam masa kehamilan.  

 

About the author

Erwin Widianto

Add Comment

Click here to post a comment