Kesehatan Tips

Pengaruh Tidur Siang Untuk Kecerdasan Otak

manfaat tidur siang
manfaat tidur siang

Manfaat tidur siang bagi anak – anak tidak lah dapat dianggap sepele, karena memang sejumlah penelitian menunjukan bahwa tidur siang dapat membawa manfaat yang baik bagi petumbuhan dan perkembangan anak – anak baik dalam segi fisik, psikis, maupun kecerdasan otaknya.

Bukti dari adanya manfaat tersebut dikemukakan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti Rebecca Spencer dari university of Massachusets, yang dilansir oleh live science, di mana penelitian tersebut dilakukan pada sekitar 40 orang anak dari enam playgroup di Massashusets. Anak – anak dalam playgroup tersebut diminta untuk mengerjakan tugas yang berkaitan dengan ingatan visual, dan hasilnya terbukti bahwa anak – anak yang tidur siang diketahui dapat menjawab tes yang diberikan dengan lebih akurat dan benar dibandingkan dengan anak yang tidak pernah tidur siang.

Melalui penelitian di atas sangat jelas bahwa tidur siang yang berkualitas dapat mempengaruhi kecerdasan otak pada anak – anak, bahkan pada anak yang masih berusia dini atau playgroup. Bagi anda yang kesulitan untuk membuat anak tertidur di siang hari, tidak ada salahnya untuk memaksakan Ia untuk tertidur agar kecerdasaran otak berupa ransangan dan kemampuan mengolah atau memproses informasi dapat dimiliki oleh anak – anak.

Namun harus diperhatikan pula cara anda memaksakan agar anak tertidur, jangan sampai membuatnya trauma, lakukan dengan cara – cara yang benar dan hindari memerintah atau memarahinya. Cara yang dapat anda lakukan seperti membuatnya aktif berkegiatan atau bermain, kemudian memandikannya dan memberikan makanan sehat serta minuman susu untuknya, melalui cara tersebut anak yang kelelahan dan sudah merasa nyaman dengan tubuhnya yang bersih serta dengan perutnya yang sudah kenyang akan mudah tertidur.

Kecerdasan otak anak sangat dibutuhkan untuk membantu perkembangan kondisi yang lainnya hingga Ia dewasa nanti, pola pengasuhan dan pengajaran yang baik dan benar dapat membantunya untuk mendapatkan hal tersebut. seperti menerapkan jadwal atau waktu tidur siang untuk anak, dapat dilakukan melalui cara di atas, agar anak dapat memperoleh manfaat tidur siang untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik serta jiwa dan juga kecerdasan otaknya.

About the author

Sulaeman Eman

Add Comment

Click here to post a comment