Makanan resep

Pepes Ikan Mas Untuk Menu Makan Siang

Seperti kita ketahui bahwa ikan memiliki kandungan sehat yang baik untuk dikonsumsi, di mana zat – zat yang mengandung omega 6 yang baik untuk tubuh manusia salah satunya terdapat di dalam ikan. untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari ikan, masak apa hari ini akan coba membuat pepes ikan mas.

Variasi olahan ikan dapat dibuat dalam berbagai masakan mulai dari ikan bakar, ikan goreng , gulai kepala ikan hingga pepes ikan. Sajian menu makan siang sebagai lauk untuk nasi, dapat anda coba dengan membuat pepes ikan mas ini agar lebih menyantap sesuatu yang berbeda dari olahan ikan, sekaligus mendapatkan manfaat kesehatan dengan mengkonsumsinya.masak apa hari iniBahan yang diperlukan untuk membuat pepes ikan mas ini antara lain 1 kg ikan mas, daun pisang atau aluminum foll untuk membungkus ikan. untuk bumbu pepesnya anda dapat mempersiapkan 2 buah tomat, 1 batang daun bawang, 1 batang daun serai, 5 lembar daun salam, 50 gram daun kemangi, garam secukupnya, 1 sendok makan gula pasir, 1 sendok makan minyak minyak goreng. Untuk bumbu halusnya anda membutuhkan 2 siung bawang putih dan 4 siung bawang merah, 2 cm jahe, 2 cm kunyit, 50 gram cabai merah, 5 butir kemiri, 5 gram asam jawa, ½ sdt garam dan 25 cc air.  

Cara membuat pepes ikan mas pertama buang sisik dan bersihkan ikan, keluarkan isi perut ikan tapi sisakan telur ikan mas jika ada, buat tiga irisan diagonal pada setiap sisi ikan agar bumbu lebih meresap. Langkah selanjutnya rendam ikan di dalam larutan garam dan asam jawa minimal 15 menit, cuci dengan semangkuk air untuk membuang kelebihan garam.

Tambahkan minyak ke dalam bumbu yang sudah dihaluskan lalu aduk, lumuri ikan mas dengan bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan tomat yang sudah dipotong kecil – kecil, daun kemangi, daun salam, dan potongan daun serai.

Bungkus ikan dengan daun pisang atau aluminum foll, kukus dengan api sedang selama 30 menit atau gunakan panci presto agar lebih cepat matang dan rasa lebih enak serta ikan lebih empuk. Dinginkan sebentar dan panggang di atas api, jika bisa panggang di atas api arang agar tercium harumnya. 

Bahan yang lumayan banyak, dan cara membuat yang lumayan lama akan terbayarkan dengan rasa dan kandungan yang terdapat dalam ikan mas pepes tersebut, masak apa hari ini dengan melakukan berbagai kreasi masakan dapat membuat anda terhindar dari kejenuhan menyantap satu menu makanan saja, selamat mencoba.  

About the author

windiariska

Add Comment

Click here to post a comment