Kesehatan

6 Manfaat Olahraga Untuk Perkembangan anak

manfaat olahragaYang namanya anak pasti senang sekali bermain bersama teman-temannya, akan tetapi sianak bermain biasanya membuat ibu-ibu menjadi khawatir karena takut terjadi sesuatu yang menimpa kepada anaknya.

Untuk hal tersebut maka pengawasan sangat penting untuk dilakukan, dan supaya ibu bisa lebih tenang maka mengalihkan bermain anak menjadi olahraga dapat menjadi salah satu caranya. Dengan olaharaga anakpun akan senang karena itu hampir sama baginya seperti bermain. Apalagi banyak manfaat olahraga yang bisa didapatkan oleh anak.

Bagi anak yang rajin melakukan olahraga akan terlihat perbedaannya dengan anak yang malas untuk berolahraga, misalnya pada segi kesehatannya dan juga perkembangan tubuhnya.  Maka bagi orang tua penting sekali mengajari anaknya untuk menyukai olahraga sejak usia dini. Dan dari berbagai manfaat olahraga yang ada berikut ini ada 6 diantaranya.

  1. Membantu dalam perkembangan postur anak. Anak yang rajin berolahraga akan memiliki postur tubuh yang baik dengan otot-otot yang berkembang. Dengan hal ini saat mereka dewasa pun maka posturnya akan menjadi lebih terlihat bagus.
  2. Meningkatkan akan kemampuan kognitif anak. Bagi anak yang rajin melakukan olaharaga maka dalam hal kemampuan kognitif juga akan lebih baik. Selain itu dalam daya fokus mereka juga akan meningkat dibandingkan dengan anak yang jarang atau tidak berolahraga.
  3. Meningkatkan daya tahan anak. Seorang anak yang rajin melakukan olahraga juga akan memiliki daya tahan yang lebih baik. Ini karena saat berolahraga dibutuhkan stamina yang lebih sehingga akan membuat anak terlatih dan terbiasa dalam membangun staminanya.
  4. Membuat anak belajar dalam kerja tim. Jika anak sering olahraga dalam bentuk permainan tim seperti sepakbola atau yang lainnya. Maka secara tidak langsung akan turut melatih mereka dalam belajar secara tim.
  5. Melatih sportifitas. Anak yang rajin olahraga juga akan merasakan yang namanya kemenangan dan kekalahan. Dari hal ini mereka akan mengetahui tentang yang sportifitas, anak akan belajar bagaimana dengan sikap sportif dan juga menghargai akan kemenangan dan kekalahan.
  6. Belajar bersaing. Olahraga yang dilakukan dalam tim juga dapat melatih anak dalam belajar tentang persaingan. Hal ini penting bagi mereka untuk kedepannya.

About the author

windiariska

Add Comment

Click here to post a comment