Edukasi

Memperhatikan Tumbuh Kembang Anak di Usia 2 Tahun

Tumbuh kembang anak

Pertumbuhan dan perkembangan anak memang sangat diperhatikan dan ditunggu-tunggu bagi para orang tua, apalagi sudah memasuki usia tertentu, anak sudah bisa mulai merespos, mulai bisa berbicara, merangkak atau duduk sendiri. Di usia 2 tahun merupakan masa-masa perkembangan dan pertumbuhan sudah memulai koneksi yang begitu baik, terutama pada otak dan saraf-sarafnya.

Hal tersebut dapat membantu memahami kondisi lingkungan sekitarnya dan memahami benda-benda yang ia lihat. Tumbuh kembang anak memang tidak sama di setiap usianya, dipengaruhi juga oleh faktor-faktor psikis maupun lingkungan sekitar. Sehingga peran orang tua sangat penting di usia-usia pertumbuhannya agar anak tumbuh dan berkembang dengan baik.

 Di usia 2 tahun, anak sudah mulai bisa mengikuti atau menuruti apa yang diperintahkan oleh orang lain, seperti tersenyum, melakukan celotehan, atau mengambil mainan yang diperagakan oleh orang lain. Ini sebetulnya sangat baik karena dapat melatih motorik anak dengan memperagakan berbagai macam gerakan yang dicontohkan oleh orang lain.

Di usia 2 tahun anak akan mulai memiliki perkembangan kognitif dan motorik, seperti berbicara dengan terbata-bata atau mengucapkan kata per kata, hal tersebut akan meningkat seiring bertambahnya waktu, anak akan mulai berbicara sendirinya dengan didampingi orang tua.

Anak juga di usia tersebut akan mengenal nama-nama barang, nama anggota keluarga atau objek yang ada di sekitarnya. Di usia 2 tahun juga anak akan mulai tumbuh gigi, biasanya kebanyakan anak yang akan tumbuh gigi akan mengalami demam atau sakit biasa, hal tersebut sangat wajar sekali karena dalam proses pertumbuhan si kecil.

Perkembangan motorik, emosional dan sosial ditunjukan pada usia 2 tahun, anak akan mulai bisa mengambil mainannya sendiri, makan sendiri walaupun masih belepotan, bermain bersama teman-temannya, mencoba untuk berjalan dan berlari meskipun belum begitu lancar.

 Tumbuh kembang anak harus selalu diperhatikan, mulai dari asupan gizi dalam tubuhnya sampai perhatian pada fisiknya, dengan begitu anak akan tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai usianya.

About the author

windiariska

Add Comment

Click here to post a comment