Edukasi Kesehatan Tips Umum

Pembiasaan Kebiasaan Baik Pada Anak

parenting Indonesia
parenting Indonesia

Parenting adalah bagaimana cara mendidik orang tua terhadap anak baik secara langsung maupun tidak langsung. Belajar parenting semenjak jadi orang tua merupakan hal yang tidak mudah bagi para orang tua muda atau yang baru memiliki satu anak, lain halnya dengan orang tua yang sudah memiliki lebih dari dua anak. Untuk anak yang pertama aplikasi parenting dari orang tua terhadap anaknya dilakukan secara perpecsionis karena mungkin rasa takut atau ketidaktauan orang tua sangatlah besar, segala sesuatunya dipikirkan dengan matang. Berbeda dengan anak kedua dan seterusnya, karena sudah memiliki pengalaman dari anak ke satu maka apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan menjadi sangat tahu.

Banyak hal yang diajarkan parenting Indonesia seperti kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan ketika anak-anak masih kecil di bawah usia 5 tahun dapat dimulai dengan memperkenalkan kebiasaan sederhana yang diajarkan secara konsisten, seperti pada saat akan tidur, maka yang harus orang tua lakukan adalah :

  • Persiapan menjelang tidur, misalnya dengan mengganti baju atau mencuci tangan dan kaki.  
  • Melakukan permainan ringan, bermain-main sebentar untuk melepaskan energi yang terpendam tanpa membuat anak kelelahan, seperti nyanyi-nyayi kecil pok ame ame atau bermain ciluk ba.
  • Mengobrol, bisa menanyakan hal-hal yang anak lakukan pada hari itu. Karena dengan mendengar suara orang tua anak akan merasa nyaman, tenang dan terhibur karena mengetahui ada orang tua disampingnya.
  • Menyanyikan lagu-lagu pengantar tidur, dengan melodi lembut yang dilantunkan anak akan merasa didendangkan.
  • Membacakan cerita pengantar tidur, dengan bercerita anak akan menambah kosa kata baru yang merangsang kemampuan bahasanya.
  • Memutarkan musik, seperti memutarkan musik klasik, atau musik favoritnya. Dengan musik lembut mempengaruhi anggota keluarga yang lainnya menjadi merasa tenang.

Ilmu parenting itu sangat penting untuk dipelajari oleh siapapun yang akan menjadi orang tua dan yang sudah menjadi orang tua. Belajar tidak harus mahal, dari lingkungan sekitarpun akan memberikan pelajaran yang sangat berharga untuk dipelajari. Parenting Indonesia yang sekarang ada, isinya akan jauh lebih bermanfaat dan disesuaikan dengan usianya.

About the author

windiariska

Add Comment

Click here to post a comment