Edukasi Tips

Kerjasama Global Universitas Indonesia

international university
international university

Ribuan orang yang mendambakan kuliah di luar negeri dengan harapan dapat mereguk ilmu dari perguruan tinggi level internasional, di Indonesia sendiri Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta terus berbenah untuk mendapatkan level international university.

Ada beberpa kriteria yang ditetapkan sebagai syarat untuk menjadi perguruan tinggi bertaraf internasional (World Class University), Quacquarelli Symonds (QS) sebuah lembaga riset bidang perguruan tinggi pada tahun 2012 menyebutkan ada empat kriteria perguruan tinggi bertaraf internasional. Empat kriteria tersebut adalah kualitas penelitian yaitu jumlah produktivitas penelitian baik tingkat nasional maupun internasional, penghargaan, serta sitasi penelitian, kriteria selanjutnya adalah lulusan kerja, kualitas pengajaran dan infrastruktur.

international university

Berdasarkan empat kriteria tersebut bisa dikatakan bahwa Universitas Indonesia memiliki standar universitas level internasional hal itu diperkuat dengan diakuinya Universitas Indonesia dalam 200 daftar universitas terbaik di dunia, seperti kita ketahui bersama di Indonesia saja bahkan sampai ada ribuan perguruan tingggi.

Universitas Indonesia juga memiliki jaringan internasional yaitu dengan dibangunnya kerjasama global dengan berbagai perguruan tinggi ternama di dunia. Selain membangun kerjasama antar perguruan tinggi tersebut UI juga memperkuat kerjasamanya dengan APRU (Association of Paific Rim Universities) yang berperan sebagai Board of Director, AUN (ASEAN University Network), dan ASAIHL (Association of South East Asia Institution of Higer Learning). Asosiasi-asosiasi tersebut merupakan asosiasi riset dan pendidikan.

Kerjasama dengan perguruan tinggi terkemukan di beberapa negara tersebut diimplementasikan dalam program kelas internasional yang diselenggarakan di tujuh fakultas di UI yaitu Fakultas Psikologi, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum.

Pada program ini mahasiswa akan belajar di UI dan universitas mitra misalnya mahasiswa yang mengambil kelas internasional program teknik sipil akan belajar di UI selama 2 tahun dan 2 tahun di Australia, dengan begitu mahasiswa tersebut akan mendapatkan dua gelar yaitu gelar dari UI dan gelar dari Universitas mitra di Australia.

Dengan berbagai program tersebut membuktikan bahwa UI sebagai international university berkualitas dengan sistem pembelajaran internasional.

About the author

windiariska

Add Comment

Click here to post a comment