Edukasi

Konsep Go-Green Universitas Indonesia, Layak Menjadi Contoh

University college Indonesia
University college Indonesia

Sudah beberapa tahun belakangan ini isu Global Warming atau yang disebut dengan pemanasan global menjadi isu global yang disinyalir menjadi penyebab berbagai masalah bencana alam. Hal tersebut mendorong penduduk bumi untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup disekitarnya  untuk selalu ada dalam kondisi asri dan alami dengan menerapkan Konsep Go Green. Kosep go green ini sudah banyak dikembangkan di berbagai institusi pendidikan di Indonesia, termasuk dibeberapa University college Indonesia seperti Universitas Indonesia.

University college Indonesia
University college Indonesia

Terletak pada lahan yang memiliki luas 320 hektar dan hampir 75% wilayah kampus Universitas Indonesia merupakan daerah hijau pepohonan rindang yang mendukung kegiatan belajar lebih nyaman dan kondusif lagi. Sedangkan sisa lahan lainnya digunakan sebagai bangungan sarana Akademik, pusat kegiatan kemahasiswaan, dan pusat pengembangan berbagai riset. Salah satu hal yang paling khas dari kampus kuning ini adalah dimana dalam lingkungan kampusnya terdapat delapan danau dan puluhan hektar hutan kota.

Selain penanaman konsep go green dari segi fisiknya, Universitas Indonesia juga menanamkan konsep go green pada berbagai aktivitas seluruh civitas akademika UI. Hal tersebut dilakukan UI dengan memberikan penyediaan jalur sepeda. Penyediaan jalus sepeda tersebut diharapkan mampu menggiring mahasiswa untuk bersepeda, yang selain sehat, juga bisa membuat udara kampus lebih segar lewat pengurangan kendaraan bermotor di dalam kampus. Dengan adanya hal tersebut diharapkan efek buruk pemanasan global tidak terbawa minimal ke dalam kawasan University College Indonesia ini. Bagi UI, kampus yang terhindar dari efek buruk pemanasan global, mencirikan kampus tersebut sehat dan memperhatikan kemajuan kondisi alam.

Langkah yang dilakukan UI ini sangat didukung banyak pihak terutama oleh pemerintah dan juga berbagai  intansi no pemerintah yang memiliki tujuan sama untuk meningkatkan udara segar dan mengurangi dampak global warming khususnya di wilayah sekitar Depok Jawa barat dan DKI Jakarta. Berbagai program bertajuk Go green di UI ini membawa Universitas Indonesia menjadi kampus hijau di Indonesia peringkat pertama. Dan memang sudah selayaknya prestasi tersebut menjadi inspirasi bagi kampus lainnya di Indonesia maupun dunia.

 

About the author

windiariska

Add Comment

Click here to post a comment