Edukasi

Berbagai Tipe Dalam Pola Asuh Anak

Berbagai Tipe Dalam Pola Asuh Anak
Berbagai Tipe Dalam Pola Asuh Anak

Memiliki pola asuh anak yang baik tentunya harus dimulai dari bagaimana sikap orang tua dalam mendidik anak-anaknya. Selalu tenang, konsisten, serta disiplin merupakan dari sekian ciri pada pola asuh yang baik. Walaupun dalam pelaksanaannya hal-hal tersebut cukup sulit dilakukan tetapi jika terus dibiasakan maka akan menjadi kepribadian tersendiri, apalagi ada anak yang menjadi tujuan untuk bisa membuat karakternya menjadi lebih baik.

Mengharapkan kepribadan anak atau karakternya menjadi lebuh baik tentu dimulai sejak ia dalam usia anak-anak, maka sebagai orang tua dalam menerapkan pola asuh anak biasanya memiliki tipe-tipe tertentu. Jika dalam mengarahkan pola anak tipe dalam penyampaiannya kurang baik maka perlu dilakukan sejumlah perbaikan, sehingga pola asuh yang disampaikan betul-betul dapat diterima oleh anak. Berikut ini diantara tipe orang tua dalam pola asuh anak.

  1. Tipe yang halus dalam mengajarkan. Untuk hal ini sebaiknya orang tua berprilaku tegas. Walaupun ia seorang yang lembut dalam mengajarkan anak-anaknya tetapi terkadang ketegasan menjadi hal yang penting untuk dilakukan supaya anak belajar bahwa andapun mempunyai ketegasan jika dalam perintahnya kurang diperhatikan oleh anak.
  2. Tipe yang suka berubah. Jika anda sering berubah dalam pola asuh terhadap anak tentunya akan membuat anak menjadi kurang perhatian terhadap apa yang menjadi perintah anda sebagai orang tua. Ini karena anak mempunyai pikiran bahwa apa yang anda sampaikan akan berubah atau tidak konsisten. Untuk hal tersebut cobalah untuk bersikap konsisten akan pola asuh yang diberikan kepada anak.
  3. Tipe yang suka berteriak. Sikap seperti ini biasanya timbul karena adanya sikap anak yang tidak menurut atau memang dari diri orang tua yang tidak sabaran sehingga terluap dalam teriakan. Untuk itu anda perlu melatihnya dengan keadaan yang santai dan nyaman. Berlatih pula dalam berkata yang tenang sehingga kepada anakpun akan mudah menyerap.
  4. Tipe yang keras dalam pola asuh. Tipe seperti ini biasanya akan membuat anak menjadi penakut karena seringnya dimarahi atau dikasari oleh anda sebagai orang tua. Untuk hal tersebut cobalah bersikap tenang dengan memberikan pujian kepada anak.

About the author

windiariska

Add Comment

Click here to post a comment